Yamaha

Jangan Abaikan Sariawan Lebih dari 2 Minggu, Segera Periksakan ke Dokter

  Rabu, 02 Desember 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi sariawan. (Shutterstock)

INGGRIS, AYOJAKARTA.COM – Semua orang pernah mengalami sariawan. Namun jika Anda sakit sariawan lebih dua minggu, sewajarnya untuk waspada.

Alan Birch (37), seorang pria asal Merseyside, Inggris, meninggal dunia akibat kanker mulut agresif.  Alan dikenal memiliki pola hidup sehat, tidak pernah merokok, serta minum-minuman beralkohol.

Dijelaskan, saat Alan berusia 35 tahun, lidahnya diangkat akibat kanker yang menyerangnya pada 2018 itu. Diagnosis kankernya mengejutkan, karena selama ini pola hidupnya sehat dan aktif.

Lelaki dengan tujuh anak ini sempat menjalani radioterapi dan kemoterapi. Namun meski diobati, kankernya 'kambuh' dan, bahkan, lebih agresif. Hingga akhirnya dokter memvonis Alan hanya dapat hidup beberapa bulan saja.

Dilansir Manchester Evening News, Alan meninggal pada April 2020, beberapa minggu setelah pernikahannya dengan kekasih 12 tahunnya, Debbie McDonough.

Karena pengalaman ini, sekarang Debbie selalu mendorong orang untuk periksa ke dokter gigi apabila ada gejala kanker mulut dan lidah.

"Selalu berhati-hati terhadap ulkus (luka di mulut) terlebih jika Anda mengalaminya lebih dari dua minggu, dan jangan pernah berpikir untuk membuang waktu jika Anda khawatir tentang apa pun. Lebih baik aman daripada menyesal," kata Debbie.

Penelitian menyebut bahwa kesadaran masyarakat dan pengetahuan mereka tentang kanker ini masih kurang. Hal ini mendorong dokter gigi untuk mengubahnya.

"Sebagai dokter gigi, kami melihat secara langsung dampak penyakit ini, dan itulah mengapa kami ingin memastikan orang-orang mengetahui tanda dan gejalanya. apa yang harus dilakukan, dan langkah apa yang dapat diambil untuk mengurangi risikonya," jelas Dr Catherine Tannahill, dokter gigi dan direktur kedokteran gigi klinis di Portman Dental Care, yang melakukan studi.

Ia menambahkan bahwa diagnosis dini kanker mulut mengarah pada tingkat kelangsungan hidup hingga 90%.

"Itulah mengapa sangat penting bagi orang untuk terus mengunjungi dokter gigi mereka untuk pemeriksaan rutin," lanjutnya.

Ia menjelaskan tanda paling umum dari kanker mulut, yaitu sariawan yang tidak sembuh dalam tiga minggu, benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa di mulut, kepala atau leher, dan bercak merah dan putih di dalam mulut.

"Kanker mulut bisa muncul di amandel, atap atau dasar mulut dan lidah, jadi penting bagi orang untuk memeriksa semua area mulut secara menyeluruh," tandasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar