Yamaha

Arus Lalin Libur Nataru di Tol Cipali Diprediksi Akan Meningkat, Ini yang Disiapkan Pengelola

  Senin, 14 Desember 2020   Budi Cahyono
Suasana Tol Cipali beberapa waktu lalu. (dok)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA COM -- PT Lintas  Marga Sedaya yang kini memiliki  brand nama ASTRA Infra Toll Road, selaku pengelola Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memprediksi volume arus lalu lintas di Tol Cipali pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akan meningkat.

Kepala Bagian Tol transaksi Cipali, Dedi Purnaedi mengatakan, peningkatan arus lalu lintas akan terjadi dua gelombang.

Pertama peningkatan arus lalu lintas akan terjadi libur Natal pada 24 dan arus baliknya diperkirakan 27  Desember 2020.

AYO BACA : Tidak Ada Pesta Perayaan Tahun Baru di Kabupaten Tangerang

Kemudian gelombang kedua yaitu libur Tahun Baru 2021 yang akan terjadi 31 Desember 2020 dan arus balik diperkirakan 3 Januari 2021.

"Arus lalu lintas Tahun Baru 2021 akan ada peningkatan, akan tetapi tidak akan sepadat pada Natal 2020," ujar dia di Purwakarta, Senin (14/12/2020).

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada Nataru 2020, ia mengaku melakukan persiapan, di antaranya memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 30 gardu tol otomatis  (GTO) dan 15 mobile reader. Kemudian layanan transaksi dan juga layanan  informasi.

AYO BACA : Inget Ya Gaess, Gak Ada Perayaan Acara Tahun Baru di Jekardah!

Lalu, penambahan 4 unit gardu  satelit di Gerbang Tol  Palimanan  dan penambahan 2 unit variable  message sign (VMS) yang berada di lajur Cikopo dan lajur Palimanan sehingga total VMS  yang tersebar di sepanjang Ruas Tol Cipali sebanyak 9 unit.

"Penambahan VMS ini juga  tentunya di dukung dengan  teknologi terbaru bagi kenyamanan pengguna jalan dalam memperoleh informasi terupdate seputar lalu  lintas di Ruas Tol Cipali.

Tak hanya itu, pada layanan lalu lintas dan keselamatan, ASTRA Tol Cipali melayani pengguna jalan dengan 12 unit kendaraan Patroli,  15 unit derek, rescue 2 unit,  ambulance 5 unit dan PJR 6 unit untuk memantau lalu lintas dan  kecepatan kendaraan pengguna jalan tersedia 33 unit CCTV dan  1.504 unit lampu PJU  (Penerangan  Jalan Umum) di sepanjang Ruas  Tol Cipali.

"Adanya pandemi ini sebetulnya berpengaruh ada penurunan dibandingkan sebelumnya, bahkan kebijakan pemerintah dengan merubah cuti bersama juga berpengaruh," ujar Dedi.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk melakukan pesanan makanan take away, untuk mempersingkat waktu di rest area," ucap dia menyarankan. (Dede Nurhasanudin)

AYO BACA : Pemprov DKI Larang Perayaan Tahun Baru, Begini Tanggapan PHRI

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar