Yamaha

Penghargaan FIFA 2020: Klopp Pelatih Terbaik, Lewandowski Penyerang Terbaik

  Jumat, 18 Desember 2020   Budi Cahyono
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2020. Foto: EPA-EFE/Matthias Hangst

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM –  Tiga penyerang terbaik di muka bumi ini, Lionel Messi (Barcelona), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen), Cristiano Ronaldo (Juventus), mengisi daftar dalam tim terbaik FIFA 2020.

Sementara itu, FIFA menobatkan Robert Lewandowski sebagai Pemain Terbaik FIFA 2020 dalam malam penghargaan. Lewandowski mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Musim lalu, Lewandowski membantu Bayern Muenchen , untuk memenangkan Liga Champions UEFA, Bundesliga Jerman, dan Piala Jerman. Dia striker terbaik di ketiga kompetisi tersebut, mencetak 34 gol di Bundesliga, 15 di Liga Champions, dan enam di Piala Jerman.

Pada musim 2020/21, Lewandowski juga tampil mengesankan dengan mencetak 15 gol dalam 12 laga Bundesliga. Di Liga Champions, Lewandowski sejauh telah mencetak tiga gol.

Malam penghargaan itu juga menganugerahkan gelar Kiper Terbaik Putra FIFA 2020 kepada rekan Lewandowski di Bayern, Manuel Neuer, sedangkan untuk kategori putri diraih oleh kiper Lyon dan timnas putri Prancis Sarah Bouhaddi.

Kendati demikian, Neuer tidak tercantum dalam daftar Tim Terbaik FIFA 2020 sebab tempatnya direbut oleh kiper Liverpool Alisson Becker.

AYO BACA : LIGA INGGRIS: Arsenal Gagal Menang, Arteta Ngambek Ngomong

Dalam daftar Starting XI FIFA 2020, tim Liverpool mencatatkan empat nama pemain yakni Alisson di posisi penjaga gawang, Thiago, serta dua pemain bertahan Trent Alexander-Arnold, dan Virgil van Dijk. Sementara itu, Pelatih Liverpool Jurgen Klopp dinobatkan sebagai pelatih terbaik FIFA 2020.

Jurgen Klopp mengaku terkejut setelah ia dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Pria FIFA 2020. Klopp dinobatkan sebagai pemenang penghargaan tersebut, mengalahkan Marcelo Bielsa dari Leeds United dan bos Bayern Muenchen Hansi Flick. Ini merupakan tahun kedua berturut-turut pelatih asal Jerman mendapatkan penghargaan serupa

"Saya terkejut, saya hanya duduk di sini karena saya pikir saya sudah memenangkannya tahun lalu dan saya berusaha menunjukkan rasa hormat kepada semua orang. Terima kasih banyak, wow," kata Klopp, dikutip dari Liverpool Echo, Jumat (18/12/2020).

Ia merasa harus mengucapkan terima kasih ke begitu banyak orang, terutama kepada seluruh staf kepelatihannya. Klopp mengatakan, andai ia tahu memenangkan penghargaan ini, ia akan mengajak para asistennya duduk bersama. Sebab tanpa bantuan mereka, Klopp mengaku tak bisa menghasilkan prestasi bersama Liverpool sejauh ini.

"Jadi saya harus berterima kasih kepada Pep Linders, Pete Krawietz, John Achterberg, Vitor Matos dan Jack Robinson, karena apa yang kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir benar-benar istimewa dan semuanya tentang anak-anak ini. Itu sangat menyenangkan," kata Klopp.

Ketika ditanya apakah dia sedang membangun warisan di Anfield, Klopp mengatakan dia tidak yakin. Namun dia senang bisa membuat para penggemar The Reds tersenyum setelah tiga dekade tak pernah memenangkan gelar juara liga.

AYO BACA : LIGA INGGRIS: Menang dari Sheffield, MU Merangsek ke-6 Besar

"Saya tidak tahu apa yang sedang kami bangun tapi saya tahu rasanya sangat menyenangkan. Kami tidak bermimpi selama 30 tahun tetapi kami sudah bermimpi selama beberapa tahun dan apa yang terjadi musim panas lalu benar-benar luar biasa," katanya.

Menurut Klopp, Liverpool menjalani tahun yang sangat istimewa. Sayangnya, kebahagiaan itu diganggu oleh pandemi Covid-19. Namun Klopp bersyukur setidaknya penggemar Liverpool mendapatkan kegembiraan dalam periode yang sulit.

Bagi saya, itu hebat dan terasa sangat luar biasa. Saya tidak akan melewatkan trofi Liga Champions (tahun sebelumnya) juga, jadi keduanya bagus," kata Klopp.

Keberhasilan Klopp diikuti empat pemainnya yang masuk dalam Tim Terbaik Pria FIFA 2020. Mereka yakni, Alisson, Trent ALexander-Arnold, Virgil van Dijk, dan Thiago. Namun terpilihnya Thiago sebagian karena kontribusinya bersama Bayern Muenchen yang meraih treble winners sebelum pindah ke Liverpool pada musim panas lalu.

Tim Terbaik Pria FIFA 2020

Kiper: Alisson (Liverpool)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Virgil van Dijk (Liverpool), Sergio Ramos (Real Madrid), Alphonso Davies (Bayern Muenchen).

Gelandang: Joshua Kimmich (Bayern Muenchen), Kevin de Bruyne (Manchester City), Thiago (Liverpool).

Penyerang: Lionel Messi (Barcelona), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen), Cristiano Ronaldo (Juventus).

AYO BACA : Meneruskan Jejak sang Ayah, Anak Wayne Rooney Teken Kontrak Bela MU

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar