Yamaha

Puncak Keberangkatan Libur Nataru 2021, 16.700 Penumpang KA Penuhi Stasiun Gambir dan Senen

  Rabu, 23 Desember 2020   Aini Tartinia
Petugas medis melakukan pengambilan sampel tes cepat antigen penumpang kereta api jarak jauh. Foto: Wihdan Hidayat / Republika

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 16.700 penumpang dari Jakarta atau Daerah Operasional (Daop) 1 menuju ke luar kota pada hari ini atau dua hari menjelang Natal.

Adapun, rincian dari jumlah tersebut keberangkatan dari Stasiun Gambir sebanyak 11.300 penumpang dan Stasiun Senen 5.400 penumpang.

AYO BACA : KAI Tambah Layanan Rapid Test Antigen Rp105 ribu di Empat Stasiun Ini

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan, angka tersebut menjadi yang tertinggi selama masa angkutan Natal dan tahun Baru (Nataru) 2021 berlangsung pada 18 Desember 2020 sampai dengan 6 Januari 2021.

"Masa angkutan Natal dan tahun Baru 2020/2021 berlangsung pada 18 Desember 2020 sampai dengan 6 Januari 2021, tercatat melalui data reservasi, volume keberangkatan penumpang tertinggi terjadi pada 23 Desember 2020," kata Eva melalui keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

AYO BACA : PSBMK Kota Bogor Dilanjut, Tak Ada Perayaan Natal Berlebihan Jam Operasional Kafe Dibatasi

Eva melanjutkan, untuk hari ini total perjalanan mencapai 39 KA, dengan rincian 17 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 20 KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan 2 KA keberangkatan Stasiun Jakarta Kota.

Dikatakan, dengan adanya aturan syarat naik KA Jarak Jauh harus menunjukkan hasil rapid test antigen, KAI memberikan kebijakan bahwa penumpang bisa membatalkan dan mengubah jadwal keberangkatan dengan tenggang waktu 3 bulan dan tidak akan dikenakan bea (tarif tambahan). 

"Karena adanya kemudahan ini, pelanggan tidak perlu takut tiketnya akan hangus dalam waktu dekat, karena masih bisa diubah jadwal atau dibatalkan sampai 3 bulan setelah tanggal keberangkatan," ujar Eva.

Namun, jika dalam jangka waktu paling lambat 3 bulan dari tanggal yang tertera pada tiket, calon penumpang tidak memilih alternatif yang diberikan, maka tiket tersebut dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat ditukarkan kembali baik tunai maupun tiket yang baru. 

AYO BACA : Jalin Komunikasi Tokoh Lintas Agama, BNPT Sambangi Keuskupan Agung Jakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar