Yamaha

Angka Penggunaan Masker Terus Merosot, Kasus Covid-19 Terus Meninggi

  Jumat, 25 Desember 2020   Fitria Rahmawati
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo / dok BNPB

RAWASARI, AYOJAKARTA.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengemukakan, terjadi peningkatan keterjangkitan virus Covid-19 di Indonesia, seiring dengan menurunnya angka disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Doni membeberkan, kedisiplinan mengenakan masker menurut sejak awal November lalu.

"Tingkat disiplin masyarakat di hampir semua daerah mengalami penurunan. Pada awal minggu pertama November, tingkat akumulasi per minggu berada di kisaran 86,17%. Kemudian per minggu mengalami penurunan,” jelas Doni webinar BNPB Indonesia Kamis (24/12/2020).

Sementara tingkat disiplin dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan juga menurun secara bertahap setiap pekan.

Puncak penurunan, menurut Doni, terjadi pada 22 November dengan angka disiplin merosot hingga 53,57%.

“Awal atau 1 November angka kepatuhan itu 81,87%. Kemudian 8 November 80,62%, lantas 15 November 80,15%. Puncak penurunan ini berada pada tanggal 22 November yaitu 53,57%. Itu berada pada titik terendah,” paparnya.

AYO BACA : Total Kasus Covid-19 di Indonesia Mendekati Angka 700 Ribu, Hari Ini Ada Tambahan 7.199 Kasus Baru (Update 24 Desember 2020)

Padahal kunci utama mencegah penularan Covid-19 hanya dengan disiplin protokol kesehatan 3M, kata Doni.

Dia yakin apabila hal itu dapat diterapkan dengan baik, maka penularan dapat dicegah dan angka kasus bisa turun.

"Kalau kita sungguh-sungguh ingin mengurangi kasus yang kuncinya cuma satu. Disiplin. Tidak ada yang lain. Disiplin patuh kepada protokol kesehatan,” tegas Doni.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa sekalipun seseorang yang sudah disiplin pun tidak menjamin kemudian tidak terpapar Covid-19 jika tetap membiarkan orang-orang di sekitarnya abai terhadap protokol kesehatan.

Sehingga dalam hal ini, kunci memutus penularan Covid-19 adalah dengan disiplin protokol kesehatan yang dilakukan secara bersama-sama.

"Tidak bisa sendirian. Harus bersama-sama. Tantangannya ke depan, bagaimana kita secara kolektif bisa mengajak seluruh orang yang ada di sekitar kita patuh kepada protokol kesehatan,” ujarnya.

AYO BACA : Terpapar Covid-19, Dewi Perssik Jalani Isolasi Mandiri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar