Yamaha

Pemkot Tangerang Tambah Lokasi Isolasi Tambahan

  Rabu, 06 Januari 2021   Budi Cahyono
ilustrasi (dok)

TANGERANG, AYOJAKARTA.COM – Puskesmas Manis Jaya menjadi faslitas tambahan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) untuk melayani dan merawat masyarakat Kota Tangerang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, pihaknya menjadikan Puskesmas Manis Jaya yang berlokasi di kawasan Jatiuwung, Kota Tangerang sebagai RIT tambahan yang disiapkan.

AYO BACA : VAKSINASI COVID-19: Tahap Awal, Tangsel Vaksinasi 12.711 Orang

"Ruangan dan gedung sudah siap digunakan untuk merawat masyarakat yang terinfeksi Covid-19," kata Arief dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (6/1).

Adapun, jumlah kapasitas yang tersedia di Puskesmas Manis Jaya tersebut sebanyak 40 tempat tidur. Sejumlah fasilitas kesehatan penunjang untuk merawat pasien Covid-19 di tempat tersebut, kata Arief, juga sudah disiapkan.

AYO BACA : Tahap Sosialisasi, Perda ATHB Ancam Sanksi Pelanggar Prokes di Kota Bekasi

Dia menjelaskan, pihaknya menambah fasilitas RIT juga dengan tujuan agar masyarakat tidak melakukan isolasi mandiri di rumah, sehingga penularan Covid-19 di klaster keluarga yang hingga saat ini masih mendominasi bisa diminimalisasi. Dia menegaskan, semua biaya perawatan pasien Covid-19 di RIT ditanggung oleh Pemkot Tangerang melalui APBD.

Arief meminta masyarakat Kota Tangerang segera melapor jika mengalami tanda-tanda terpapar Covid-19 sebagai upaya membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19.

"Masyarakat Kota Tangerang yang memiliki gejala Covid-19 bisa melapor kepada petugas. Tunjukkan hasil swabnya supaya bisa dirujuk di RIT untuk isolasi," jelas Arief.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menambahkan, operasional RIT Manis Jaya akan dimulai pada Sabtu, 9 Januari 2021 mendatang.

"Saat ini sudah tidak merawat pasien umum rawat inap, namun tetap melayani rawat jalan karena memiliki dua bangunan terpisah," ujar Liza.

AYO BACA : Bertambah 53 Pasien, Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Tembus 4.229

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar