Yamaha

Wagub DKI Jakarta Pamer 3 Sungai Instagramable Hasil Naturalisasi

  Jumat, 15 Januari 2021   Aini Tartinia
Wagub DKI Jakarta Pamer 3 Sungai Instagramable Hasil Naturalisasi (Instagram)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengunggah foto bantaran sungai di Jakarta yang telah disulap menjadi ruang publik. Konsep penataan sungai saat ini adalah pengembangan ruang terbuka hijau dan fungsi sosial.

Dalam slide foto yang diunggah di akun Instagram @bangariza, sedikitnya terdapat tiga foto. Pertama, yaitu foto sungai Banjir Kanal Barat (BKB), Kali Besar Kota Tua, dan Banjir Kanal Timur (BKT).

"Bantaran sungai Jakarta kini menjadi ruang publik yang bersih, indah, rapi dan mudah diakses oleh masyarakat????," tulis keterangan foto yang diunggah oleh Ariza, Kamis (14/1/2021).

Wagub DKi ini menjelaskan, sungai sebagai salah satu prasarana sumber daya air kota saat ini dikelola dengan mengusung konsep pengembangan ruang terbuka hijau dan fungsi sosial seperti ruang terbuka sebagai tempat interaksi antar warga.

"Hal ini terwujud dengan hadirnya fasilitas-fasilitas publik di bantaran sungai Jakarta," ungkapnya.

Diketahui, penataan sungai dengan konsep pengembangan ruang terbuka dan fungsi sosial sebelumnya dikenal juga dengan konsep naturalisasi sungai. Program tersebut merupakan program prioritas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Program ini ia usung untuk menggantikan program normalisasi bikinan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Btp) alias Ahok. Naturalisasi sendiri merupakan penataan bantaran sungai yang lebih ramah lingkungan.

Konsep naturalisasi memperlebar sungai dengan mengikuti bentuk alur sungai, sedangkan normalisasi adalah yakni mengembalikan bentuk sungai sesuai dengan peruntukan serta bentuk awalnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar