Yamaha

Cari Kerja? Ini Profesi Paling Banyak Lowongan Pekerjaan di Tahun 2021

  Selasa, 19 Januari 2021   Husnul Khatimah
Cari Kerja? Ini Profesi Paling Banyak Lowongan di Tahun 2021 (ist.)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Tahun 2020 memang pahit buat kamu yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Atau mungkin sedang menunggu waktu paling tepat untuk resign dan mencari pekerjaan baru.

Kini saatnya bergerak. Bukan dengan melangkah, tetapi berlari mengejar resolusimu tanpa menoleh lagi ke masa lalu.

Banyak lowongan kerja atau loker bertebaran di luar sana, seperti ikan di lautan. Asal gigih mencari informasi loker, menebar lamaran kerja, pasti akan membuahkan hasil.

Selain itu, bekali dirimu dengan keterampilan memadai agar punya nilai tambah. Serta dapat memenangkan persaingan di dunia kerja.

Berikut pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan tahun 2021, seperti dirangkum Cermati.com:

1. Cyber Security

Profesi ini digadang-gadang bukan cuma banyak dibutuhkan pada tahun 2021, tetapi juga di masa depan. Sebab perannya sangat vital untuk melindungi sistem maupun data perusahaan dari serangan siber yang dapat merugikan perusahaan dan konsumen.

Seorang ahli cyber security harus memiliki keahlian, di antaranya programming, memitigasi risiko, analisis malware, enkripsi data, dan cloud security. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

2. Koki

Profesi koki jangan dianggap remeh. Di balik rasa masakan yang lezat, ada koki andal yang meraciknya.

Bukan hanya jago masak, koki atau bahasa kerennya chef harus punya time management yang bagus, kreatif, dapat bekerja di bawah tekanan, dan mampu bekerja dengan tim.

Lowongan kerja sebagai koki akan banyak dicari di tahun kerbau logam seiring pulihnya bisnis kuliner. Yuk, lamar kerja posisi koki, karena gajinya lumayan gede bisa sampai Rp 16 jutaan per bulan.   

3. Keuangan atau Finance

Ini sih bidang pekerjaan yang gak ada matinya. Perusahaan pasti membutuhkan banyak tenaga keuangan.

Sebut saja staf akuntansi, manajer keuangan, staf pajak, staf keuangan, dan internal audit. Gaji untuk posisi tersebut mulai dari Rp 3 jutaan hingga Rp 10 jutaan pada level manajer.

Keahlian yang diperlukan tenaga keuangan, antara lain kemampuan menyusun laporan keuangan atau neraca laba/rugi, menguasai soal pajak, software akuntansi, serta mampu menganalisis dan presentasi data

4. Business Development (BD)

Business development atau BD adalah salah satu posisi yang paling dicari perusahaan, termasuk perusahaan rintisan atau startup. BD banyak disamakan dengan marketing. Namun faktanya, berbeda.

Tanggung jawab marketing fokus menyusun dan menjalankan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Sementara BD, terlibat dari mulai pengembangan produk, bahkan sampai menjualnya.

Tawaran gaji untuk profesi BD sangat menjanjikan. Apalagi yang sudah punya skill mumpuni dan berpengalaman. Gaji puluhan juta rupiah bisa dikantongi setiap bulan. Belum lagi bonus atau komisi bila berhasil menjalin kerja sama dengan klien.

5. Marketing

AYO BACA : Mau Ngemil Takut Perut Buncit, Jangan Kawatir Ini Tipsnya

Ujung tombak kesuksesan sebuah perusahaan, salah satunya bergantung pada kinerja tim marketing. Percuma produk sudah oke, harga jual sangat kompetitif, tetapi tim marketing-nya tidak berkompeten.  

Tanggung jawab marketing cukup banyak. Namun sepadan dengan gajinya hingga Rp 30 juta per bulan. Gaji tersebut di luar bonus atau komisi dalam bentuk uang tunai maupun liburan gratis ke luar negeri jika menembus target penjualan bulanan dan tahunan.

Tugas marketing, meliputi menyusun strategi perencanaan produk, riset untuk menentukan harga, membuat strategi pemasaran dan strategi promosi, serta melayani konsumen dan menjalin hubungan baik dengan klien.

6. Manajer Produk

Setiap perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnis pasti membutuhkan posisi manajer produk. Orang yang dapat memimpin tim dalam sebuah tugas besar, mulai dari ide, perencanaan dan pengembangan sehingga melahirkan produk yang disukai pasar.

Seorang manajer produk harus punya skill kemampuan menganalisa dan memahami data, mengerti coding, negosiasi, komunikasi, kepemimpinan, dan keahlian teknis lain. Gaji manajer produk rata-rata berkisar Rp 8 juta sampai dengan Rp 15 juta per bulan

7. Data Analis

Ahli data atau data analis merupakan salah satu pekerjaan yang masih akan jadi incaran banyak perusahaan. Bahkan hampir seluruh industri membutuhkan tenaga data analis.

Sebab perusahaan memerlukan orang yang mampu membaca, memahami, dan menerjemahkan data, berupa angka menjadi laporan yang mudah dimengerti manajemen.

Kerja di posisi ini, gajinya lumayan. Mulai dari Rp 5 jutaan untuk staf sampai level lead sekitar Rp 11 jutaan per bulan. Cocok buat kamu yang lulusan IT, ekonomi, matematika, dan manajemen.

8. Web Developer

Dulu, penulis diidentikkan dengan penulis buku saja. Dicetak dalam bentuk konvensional. Tapi sekarang, bisa secara digital.

Profesi penulis pun dewasa ini beragam. Ada blogger, content writer, copywriter, penulis bidang akademis seperti riset, penulis bisnis, scriptwriter, editor, social media specialist, travel writer, wartawan, dan lainnya.

Pekerjaan penulis ini diyakini semakin banyak dicari perusahaan pada 2021. Wah, bisa jadi lahan bisnis buat kamu yang hobi menulis. Bayarannya bisa per artikel, per project, atau gaji tetap sampai dengan puluhan juta rupiah.

10. Barista

Tren bisnis minuman kopi kekinian diprediksi tetap diminati tahun ini. Dengan persaingan lebih ketat, terutama dari segi kualitas dan harga.

Profesi barista menjadi SDM penting di bisnis kedai kopi. Tugasnya membuat dan menyajikan kopi ke pelanggan. Tetapi meracik dengan sentuhan seni.

Gaji barista kopi berkisar Rp 2 jutaan hingga Rp 5 jutaan per bulan. Pas untuk kamu para mahasiswa atau pekerja kantoran yang lagi cari penghasilan tambahan.

Skill Lebih Penting Dibanding Titel

Pendidikan memang penting dalam dunia kerja. Akan tetapi, kemampuan atau keahlian yang lebih utama.

Bila kamu hanya tamat SMA/SMK, namun memiliki pengalaman dan menguasai keahlian di bidang tersebut, jangan takut untuk melamar pekerjaan.

Sebab bisa saja pengalaman, skill, dan posisimu lebih tinggi dibanding lulusan sarjana. Jauhi perasaan minder. Maju terus, pantang mundur.

AYO BACA : Gara-gara Kebijakan Privasi Baru Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar