Yamaha

Musim Hujan, Warga di Kelurahan Semper Jakarta Bentuk Tim Siaga Banjir

  Rabu, 20 Januari 2021   Aini Tartinia
Musim Hujan (Ilustrasi/AyoBandung)

CILINCING, AYOJAKARTA.COM - Warga RT16/RW04, Kelurahan Semper Barat terus mempersiapkan diri menjadi Kampung Tangguh Bencana. Selain menjaga kebersihan lingkungan, pembentukan Tim Siaga Bencana Banjir juga dilakukan untuk menghadapi puncak musim hujan yang diperkirakan jatuh di awal tahun 2021.

Lurah Semper Barat, Benhard Sihotang mengatakan, kerap dilanda banjir dan genangan saat hujan, lingkungan RT 16 RW 04 menjadi percontohan Kampung Tangguh Bencana.

“Dengan kejadian tersebut warga membentuk satu komunitas yang peduli akan bencana banjir, khususnya di RT 16,” ujar Benhard dilansir utara.jakarta.go.id, Selasa (19/1/2021).

Benhard menambahkan, tim bentukan masyarakat tersebut sangat mendukung rencana pembangunan Waduk Kampung Kandang yang berlokasi di RT 16 RW 04, di mana pembangunannya telah dimulai pada 2020 lalu dengan pengerukan lahan membentuk pola waduk.

AYO BACA : Sejumlah Tenaga Kesehatan di Jakarta Meriang Usai Disuntik Vaksin Covid-19

“Jadi bentuk dukungan yang diberikan oleh warga, mereka berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar lingkungan dalam pembuatan waduk, baik dari penyesuaian alat berat hingga Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal tersebut dilakukan karena pekerjaan tersebut tidak menggunakan APBD,” ungkapnya.

Tak hanya sampai di situ, Benhard juga menerangkan, dari kesadaran akan pentingnya menjaga keselamatan warga di musim hujan, komunitas peduli akan bencana banjir akhirnya membentuk Tim Siaga Bencana Banjir.

Benhard menegaskan, tugas dan fungsinya banyak. Ada yang membuka dapur umum untuk melayani pengungsi. Ada yang bertugas melakukan pendataan masyarakat, mulai dari data balita hingga lansia. Ada yang berkoordinasi dengan pemilik tempat atau lahan yang dapat dijadikan lokasi pengungsian.

“Dan yang terpenting dari pembentukan Tim Siaga Bencana Banjir tersebut ialah sudah memiliki rencana aksi. Apabila terjadi genangan, mereka sudah menentukan kapan waktu mengungsi dari ukuran tinggi air. Jalur evakuasi juga sudah disiapkan,” tutupnya.

AYO BACA : Beredar Video Kepala BPOM Ditekan dan Diancam Keluarkan Izin Vaksin Covid-19, Cek Faktanya!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar