Yamaha

Kisah Mistis Gedung Putih Kediaman Presiden Amerika Serikat, Suara Misterius hingga Hantu Lincoln

  Kamis, 21 Januari 2021   Husnul Khatimah
Kisah Mistis Gedung Putih Kediaman Presiden Amerika Serikat (National Archives photo)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Joe Biden baru saja dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Setelah dilantik Joe Biden seperti para pendahulunya yang pernah menjabat Presiden AS akan menempati Gedung Putih.

Gedung Putih memang merupakan kediaman Presiden Amerika Serikat dan keluarganya yang dibangun tahun 1700-an. Terletak di jalan Pennsylvania Avenue, Washington DC, Gedung Putih jadi saksi bisu perjalanan sejarah Amerika Serikat.

Di dalam bangunan yang megah ini banyak kisah-kisah misterius yang terjadi.

Pada 2009, ibu negara saat itu, Michelle Obama menceritakan kepada anak-anak sekolah yang sedang berkunjung bahwa ia dan Presiden Barack Obama terkadang mendengar suara-suara aneh di lorong pada malam hari. Dan di lain waktu, beberapa anggota keluarga Obama merasa ada sesuatu yang menganggu kaki mereka

Debra Lattanzi Shutika, seorang yang sedikit mengetahui cerita hantu tersebut, menduga hantu yang membuat keluarga Obama merasa digerogoti adalah hantu hewan peliharaan Gedung Putih yang sudah lama mati. Bukan hal yang mengejutkan baginya jika Obama sering mendengar suara-suara aneh yang berasal dari hantu paling populer di Gedung Putih yaitu arwah dari Presiden Abraham Lincoln.

“Saya bayangkan Presiden Lincoln sangat bangga memiliki anggota keluarga warga Amerika keturunan Afrika di Gedung Putih setelah pengorbanan yang ia lakukan,” kata Lattanzi Shutika.

Dikutip dari VOA pada Selasa (27/10/2020), seorang profesor dari Universitas George Mason mengungkapkan bahwa suara-suara dan perasaan-perasaan aneh tersebut tidak dapat dijelaskan secara logika, sehingga ia menganggap hal-hal tersebuh sebagai energi spiritual dari penghuni sebelumnya.

AYO BACA : Jokowi Sampaikan Ucapan Selamat untuk Joe Biden

Keluarga Obama bukanlah satu-satunya penghuni Gedung Putih yang melaporkan kejadian aneh di gedung tersebut.

Jenna Bush Hager, putri Presiden George W. Bush, yang menjabat dari 2001 hingga 2009, mengatakan bahwa ia dan saudara kembarnya Barbara pernah mendengar musik piano tahun 1920-an yang berasal dari perapian di kamar tidur mereka.

Ronald Reagan, Presiden AS dari 1981 sampai 1989, menceritakan bagaimana anjingnya menggonggong dengan panik di pintu masuk Kamar Tidur Lincoln dan menolak untuk masuk ke dalam. Putri dan menantu Reagan juga melaporkan melihat penampakan di kamar itu.

Pemimpin Inggris terkenal Winston Churchill juga mengaku melihat hantu Lincoln ketika ia tinggal di Kamar Tidur Lincoln. Lincoln, yang dibunuh pada 1865, tidak pernah tidur di kamar itu tetapi dia menggunakannya sebagai kantor.

“Tempat tidur Abraham Lincoln ini sangat terkenal, sehingga tempat tidur tersebut dibeli oleh Mary Todd Lincoln selama mereka berada di Gedung Putih dan kecil kemungkinannya ia tidur di sana, tetapi presiden lain telah tidur di sana,” kata sejarawan dari Asosiasi Sejarah Gedung Putih, Lina Mann.

“Dan, tentu saja, karena itu adalah ruangan kantornya, ruang itu seperti ruangan Lincoln.”

Mann mengatakan cerita hantu Gedung Putih sering beredar di abad ke-19 dan sebagian besar penampakan hantu tersebut berwujud seperti Abraham Lincoln, yang merupakan presiden yang terbunuh saat memimpin AS pada masa Perang Saudara.

“Saya pikir itu sangat masuk akal. Ia dibunuh sebelum waktunya; dramatis; itu adalah akhir dari Perang Saudara, tepat sebelum rekonstruksi, dan itu benar-benar mengubah jalannya sejarah Amerika. Tentu saja, kematiannya tersebut sangatlah brutal," kata Mann. (Annisa Nur Falah/magang)

AYO BACA : Tips Agar Kamu Terhindar dari Penyakit saat Musim Hujan, Simak Yuk!

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar