Yamaha

Krisis Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19, Pemprov DKI Buka Lahan Baru di TPU Bambu Apus

  Jumat, 22 Januari 2021   Budi Cahyono
Petugas mengusung peti jenazah yang meninggal dunia karena Covid-19 untuk dimakamkan di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Jumat (15/1/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

CIPAYUNG, AYOJAKARTA.COM – Krisis lahan pemakaman untuk pemakaman jenazah Covid-19 di Jakarta sudah teratasi. Pemprov DKI Jakarta membuka lahan baru di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur dengan luas lahan 3.000 meter persegi.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaemin menjelaskan, untuk sementara pemaaman jenazah khusus Covid-19 dari TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus.

“Pembukaan lahan mulai Kamis (21/1/2021), karena lahan di TPU Pondok Rnaggon sudah penuh sejak akhir 2021. Di TPU Bambu Apus sudah ditetapkan pemprov sebagai tempat pemakaman prosedur Covid-19,” jelas Muhaemin..

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien Covid-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Hingga siang kemarin, TPU Pondok Apus sudah menerima dua jenazah pasien Covid-19. Lahan ini, lanjut Muhaemin diperkirakan menampung maksimal 700 jenazah dengan protokol Covid-19.

Muhaemin memastikan seluruh prosedur pembukaan lahan baru telah melalui mekanisme aturan yang berlaku. Termasuk izin dari warga di lingkungan sekitar.

“Dinas Pertamanan dan Kehutanan Kota DKI Jakarta, udah menyosialisasikan kepada warga sekitar dan tidak muncul penolakan, sebab ada permintaan dari warga juga," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar