Yamaha

Menguat Tipis, Nilai Tukar Rupiah Rp13.992 per Dolar AS

  Jumat, 22 Januari 2021   Budi Cahyono
Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS.

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Menjelang akhir pekan, nilai tukar rupiah dibuka menguat terhadap dolar AS dibandingkan penutupan Kamis (21/1/2021).

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat di level Rp 13.992 per dolar AS dibanding penutupan Kamis yang berada di level Rp 14.000 per dolar AS.

AYO BACA : Akhir Pekan, Harga Emas Antam Rp961.000 per Gram (22 Januari)

Namun, penguatan itu terhenti, terpantau pada pukul 09.45 WIB rupiah melemah dari pembukaan di level Rp 14.026 per dolar AS.

Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, penguatan rupiah ini didorong dari tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun yang terlihat menguat kembali sejak kemarin.

AYO BACA : Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Poco M3

Kenaikan tingkat imbal hasil obligasi jangka yang lebih panjang ini merefleksikan optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi dan kenaikan tingkat inflasi AS.

\"Kenaikan yield ini mendorong kembali penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya. Dan rupiah berpotensi melemah terhadap dollar AS karena hal tersebut hari ini,\" ujar Ariston dalam riset hariannya, Jumat (22/1/2021).

Di sisi lain, tambahnya, pelemahan mungkin terbatas karena ekspektasi stimulus besar AS yang meningkatkan minat pasar terhadap aset berisiko.

\"Dari Tanah Air, kemarin BI juga menyatakan optimismenya bahwa aliran dana asing ke Indonesia akan meningkat seiring dengan prospek pemulihan ekonomi,\" tutup Ariston.

AYO BACA : Harga Daging Sapi Menggila, Pemerintah Tuding Mahalnya Sapi Australia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar