Yamaha

Hingga Siang Ini, TPU Bambu Apus Sudah Makamkan 20 Jenazah Covid-19

  Jumat, 22 Januari 2021   Budi Cahyono
Penampakan petugas memakamkan jenazah pasien Corona di TPU Bambu Apus. (Suara.com/Bagaskara)

CIPAYUNG, AYOJAKARTA.COM – TPU Bambu Apus yang berlokasi di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, menjadi lahan baru untuk pemakaman jenazah Covid-19. Hingga Jumat (22/1/2021), sudah 20 jenazah yang dimakamkan.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi sejak puku 10.30 WIB hingga pukul 11.16 WIB sudah ada 10 jenazah dimakamkan secara protokol Covid di TPU Bambu Apus. Ambulan terlihat datang secara terus menerus mengantar jenazah datang ke TPU tersebut.

Terhitung hampir 10 menit sekali ambulans datang dengan membawa jenazah untuk dimakamkan. Para petugas pengubur dan penggali pusara jenazah Covid terlihat sibuk.

Sementara untuk keluarga jenazah terlihat hanya bisa menyaksikan prosesi pemakaman dari kejauhan. Keluarga baru diperbolehkan mendekat setelah proses pemakaman dengan protokol selesai dilakukan.

AYO BACA : Krisis Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19, Pemprov DKI Buka Lahan Baru di TPU Bambu Apus

Adapun Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 TPU Bambu Apus, Muhaemin, mengatakan, total sementara sudah ada 20 jenazah pasien covid yang dimakamkan di TPU Bambu Apus.

"Total keseluruhan sudah 20 ya dari kemarin 9 hari ini sudah masuk 11," kata Muhaemin ditemui di lokasi, Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, berdasarkan laporan akan ada 25 jenazah yang akan dimakamkan di TPU Bambu Apus hari ini. Namun jumlah tersebut bisa saja berkurang atau pun bertambah.

Buka Lahan Baru

AYO BACA : Naik Terus, Kasus Covid-19 DKI Tambah 3.151 Hari Ini

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lahan baru untuk jenazah pasien Covid-19 di tempat pemakaman umum/TPU Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, seluas 3.000 meter persegi.

"Hari ini baru dimulai buka lahan baru. Jadi, untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaemin, di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Muhaemin mengatakan lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur Covid-19 sebab lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien Covid-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Lahan baru di Bambu Apus mulai menerima pemakaman jenazah sejak Kamis pagi.

"Sampai siang tadi sudah dua jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU Bambu Apus. Luas lahan yang disediakan sekitar 3.000 meter persegi," ujarnya.

TPU Bambu Apus diperkirakan sanggup menampung maksimal 700 jenazah dengan protokol Covid-19.

AYO BACA : Langgar Prokes, 38 Perusahaan di Jaksel Disanksi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar