Yamaha

Fakta Saku Kecil Celana Jeans, Apa Fungsinya?

  Sabtu, 23 Januari 2021   Husnul Khatimah
Fakta Saku Kecil Celana Jeans (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Saku Kecil di celana jeans sekilas mungkin terkesan tak ada gunanya karena ukurannya tidak besar. Namun di masa lalu, saku tersebut sangat penting. Tujuan utama dibuatnya kantong berukuran kecil tersebut adalah untuk meletakkan jam saku.

Pelopor blue jeans Levi Strauss & Co sengaja merancangnya guna mempermudah pekerja di masa lalu yang kerap membawa jam saku. Desain yang dibuat oleh Strauss dan JW Davis itu pun digunakan hingga kini.

Rancangan yang diberi nama "Improvement in Fastening Pocket Openings" itu dipatenkan pada 20 Mei 1873.

AYO BACA : Kisah Mistis Gedung Putih Kediaman Presiden Amerika Serikat, Suara Misterius hingga Hantu Lincoln

Produksi massal celana jeans dengan rancangan demikian baru dilakukan pada 1890 untuk "Lot 501".

"Saku jam adalah fitur dari overall pinggang pertama kami. Ini adalah elemen asli dari celana blue jeans yang dipertahankan untuk menjaga integritas desain awal," kata Tracey Panek, sejarawan Levi Strauss & Co.

Sekarang, memang tidak banyak yang bisa dilakukan dengan saku itu. Saku memang masih dapat digunakan menyimpan koin, cincin, atau barang kecil lain, tetapi Anda akan kesulitan merogoh saat akan mengambilnya.

Kantong itu sendiri dirancang khusus untuk jam saku dengan rantai yang bisa dikaitkan di pinggang. Jadi, abaikan saja keberadaan saku itu atau anggaplah sebagai bagian dari sejarah yang masih tersisa, dikutip dari laman Business Insider.

AYO BACA : Tips Agar Kamu Terhindar dari Penyakit saat Musim Hujan, Simak Yuk!

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar