Yamaha

Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19, TPU Srengseng Sawah Sisakan 4 Petak

  Senin, 25 Januari 2021   Budi Cahyono
Dari 560 petak makam Covid-19, kini tinggal empat petak yang kosong di TPU Srengseng Sawah. Foto: Petugas menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) saat memakamkan jenazah pasien Covid-19 di TPU Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta (ilustrasi)

JAGAKARSA, AYOJAKARTA.COM – Lahan TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, yang dikhususkan untuk pemakaman khusus jenazah Covid-19 hampir penuh.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Nurcahyo, mengatakan, Dari 560 petak makam yang disiapkan, kini hanya tersisa empat petak saja.

AYO BACA : TPU Srengseng Sawah Tersisa 436 Petak untuk Pemakaman Covid-19

"Dari 560 petak makam untuk Muslim yang disediakan di TPU Srengseng Sawah, kini tersisa kurang lebih empat petak. Itu data per 24 Januari pukul 17.00 WIB," kata Ivan kepada Republika.co.id, Ahad (24/1/2021).

Mengantisipasi penuhnya TPU Srengseng Sawah, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta telah menyiapkan lahan pemakaman baru khusus Covid-19. Lokasi makam baru itu di TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur.

AYO BACA : Berkunjung ke RSUD Cengkareng, Pesan Menyentuh Anies: Patuhi Protokol Kesehatan, Covid-19 Itu Nyata

Sejumlah petugas merapikan peti khusus jenazah COVID-19 di rumah duka Dharma Agung, Bekasi, Jawa Barat.

"Mulai tanggal 21 Januari 2021, kita sudah mulai bagi pemakaman baru protokol itu ke timur (TPU Bambu Wulung)," kata Ivan.

Ivan mengungkapkan, kapasitas makam yang disiapkan di TPU Bambu Wulung sekitar 800 petak. Peruntukannya khusus jenazah Covid-19 beragama Islam.

Sedangkan untuk pemakaman jenazah Covid-19 non-Muslim, kata dia, masih dilakukan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci mengenai jumlah lahan makam non-Muslim yang masih tersisa di sana.

AYO BACA : PSBB Jakarta Diperpanjang, Ini Aturan yang Berubah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar