Yamaha

Mengenal Sosok Khuwailid Mustafa, Wonderkid Asal Aceh yang Bermain di Qatar

  Rabu, 27 Januari 2021   Budi Cahyono
Khuwailid Mustafa saat berlatih di Persiraja Banda Aceh pada tahun 2018. (Media Officer Persiraja)

BANDA ACEH, AYOJAKARTA.COM – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kompetisi daam negeri terhenti. Para pemain pun memilih hijrah melirik tim-tim luar negeri untuk mengembangkan kariernya.

Salah satu pemain muda yang dimiliki Indonesia sudah merasakan kerasnya kompetisi di luar negeri. Dia adalah Khuwailid Mustafa, lahir pada 29 Januari tahun 2000, Khuwailid merupakan wonderkid asal Aceh kelahiran Lhokseumawe. Musim ini, ia bermain di kompetisi sepak bola tertinggi di Qatar bersama klub Qatar SC.

Khuwailid memang sudah mengenal dunia si kulit bundar sejak belia. Ia besar di Qatar, dan memulai kiprahnya di dunia sepak bola bersama salah satu komunitas Indonesia di sana.

AYO BACA : Kompetisi di Indonesia Berhenti, Bruno Casimir Diincar Klub Thailand

Sebelum direkrut Qatar SC pada November 2020 dengan status pinjaman, Khuwailid lebih dulu membela tim asal Qatar lainnya, yakni Al-Duhail SC (Lekhwiya SC). Bersama Al-Duhail pemain 20 tahun ini dikontrak selama lima tahun.

Saat dihubungi langsung ayah dari Khuwailid, Mustafa Ibrahim yang saat ini berada di Qatar, membenarkan hal tersebut.

"Benar, saat ini Khuwailid dalam masa peminjaman ke klub Qatar SC sejak November 2020," kata Mustafa Ibrahim, melalui keterangan resmi yang diterima Ayojakarta, Selasa (26/1/2021) malam.

AYO BACA : Klasemen Liga Inggris 27 Januari: City Geser MU, Liverpool Tercecer di Luar 4 Besar

"Sekarang statusnya dikontrak klub Al Duhail lima tahun," tambahnya.

Ditanya soal kemungkinan untuk memperkuat timnas Indonesia, Mustafa Ibrahim menyambut baik. "Insyaallah, ya kalau dipanggil, alhamdulillah," sebutnya.

Nama Khuwailid kembali menjadi perbincangan hangat lantaran prestasi gemilangnya dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat, pada musim 2019, gelandang 20 tahun itu berhasil membawa tiga trofi sekaligus, yakni Liga U-19 Qatar, Piala U-19 Qatar, dan Liga U-23 Qatar.

Selain itu, ia juga punya sederet catatan positif lainnya di level junior, di antaranya adalah menjadi pemain terbaik Al Khor Community Football Cup 2010, runner up Qatar Star League 2011 bersama Lekhwiya SC U-11, dan peringkat ke-3 Qatar Star League 2013 bersama Lekhwiya SC -13.

Musim lalu, Khuwailid berhasil menorehkan prestasi tertingginya dengan menjuarai Liga Qatar bersama Lekhwiya. Saat itu, Lekhwiya berhasil finis di posisi teratas dengan unggul tipis 1 poin dari pesaing terdekatnya, Al Rayyan.

AYO BACA : BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Incar Dua Gelar Juara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar