Yamaha

Musim Hujan Bikin Gampang Lapar, Yuk Santap 5 Kuliner Khas Bogor Ini

  Rabu, 27 Januari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi/ Kuliner khas Bogor

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Memasuki awal tahun 2021, cuaca menjadi sering mendung dan turun hujan. Nah, kalau sudah hujan, biasanya perut jadi mudah lapar. Kalau sudah lapar, ada baiknya kita langsung saja menyantap jajanan khas Bogor yang rasanya tiada duanya. 

Berikut 5 jajanan khas Bogor:

1. Seupan Talas

Seupan talas adalah makanan yang terbuat dari talas kukus yang diberi parutan kelapa dan gula merah di atasnya. Makanan ini disajikan hangat-hangat langsung dari atas kukusan. Rasa tawar talas pun disulap menjadi harum dan legit karena parutan kelapa gurih dan manisnya gula merah sisir. Biasanya, makanan ini ditemukan di kawasan kaki lima Suryakencana. Kalau kamu sudah biasa makan talas goreng, maka olahan talas yang satu ini memiliki cita rasa berbeda yang harus kamu coba.

2. Doclang

Bukan gado-gado, apalagi siomay atau karedok, kuliner khas Bogor ini jauh lebih sederhana namun tidak kalah sedap. Nama Doclang sendiri diambil dari nama lain daun ketupat yang digunakan sebagai pembungkusnya. Satu porsi doclang biasanya berisi potongan lontong, tahu goreng, serta kentang dan telur rebus yang diguyur dengan bumbu kacang manis gurih yang sedikit pedas. Meski mirip dengan makanan berbumbu kacang lainnya, doclang jarang ditemukan di wilayah selain kota Bogor. Kesederhanaan dan kelangkaannya inilah yang membuat doclang jadi buruan saat mampir ke Bogor.

3. Pepes Sagu

Kuliner khas Bogor satu ini adalah pepes yang berbeda dengan rasa manis karena terbuat dari pisang. Betul, pepes sagu adalah adonan pisang yang diperlakukan seperti pepes. Adonan pisang yang manis ini dibungkus daun pisang dan dipanggang sehingga aromanya meresap hingga ke dalam. Tidak banyak yang menjual kuliner khas Bogor yang satu ini. Namun, yang paling populer adalah pepes sagu yang dijajakan di kaki lima Jalan Suryakencana. Selain pisang ada juga pepes manis lainnya seperti rasa nangka dan keju!

4. Toge Goreng

Perpaduan toge rebus, lontong, mi kuning, dan tahu goreng ini disiram dengan campuran saus kacang dan tauco, sedikit kecap, serta sambalnya. Jangan lupa untuk memesan segelas es pala untuk sebagai teman makan toge goreng ini.

5.Soto Mie Soto Mie merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri. Semakin komplet dengan tambahan emping melinjo.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar