Yamaha

Cara Mengupas Bawang Merah Agar Tak Bikin 'Menangis'

  Kamis, 28 Januari 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi bawang merah / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Saat memasak, bagi beberapa orang mengiris bawang adalah hal yang sangat tidak disukai. Hal ini karena saat mengiris bawang mata menjadi perih dan membuatnya menangis. Namun, apa yang menyebabkan seseorang menangis saat mengiris bawang.

Kulit bawang mengandung asam amino yang disebut sulfoksida yang melayang ke udara saat dipotong. Kandungan ini masuk ke mata melalui udara dan menimbulkan rasa perih yang menyengat. Hal itu yang menyebabkan air mata keluar untuk membersihkan zat kimia tersebut.

Para ahli di University of Bristol memperkirakan bahwa cara terbaik untuk mencegah air mata akibat bawang merah adalah menjauhkan gas tersebit dari mata. Namun, cara tersebut sulit dihindari. Oleh karena itu tedapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak mengeluarkan air mata saat mengiris bawang, di antaranya:

1. Gunakan pisau tajam

Pisau yang tajam dapat mengurangi kerusakan pada dinding sel bawang. Hal ini menyebabkan kandungan sulfoksida yang membuat mata perih hanya sedikit yang ada di udara. Selain itu, pisau yang tajam juga mempercepat pemotongan bawang sehingga tidak terlalu lama menatapnya.

2.  Jauhkan potongan yang terbuka

Setelah mengiris bawang menjadi dua jauhkah potongan bawang yang terbuka agar kandungan yang ada tidak menyebar ke udara. Jika satu bagian sudah selesai, baru kerjakan sisa bawang yang tersedia.

3. Potong bawang dengan benar

mengiris bawang dengan tepat akan membuat waktu pengerjaan secara efisien. Selain itu, kandungan yang terdapat di bawang tidak menyebar ke udara secara banyak. Hal itu membuat seseorang tidak menangis saat mengiris bawang. Untuk teknik potong, terdapat beberapa video tutorial di internet mengenai cara mengiris bawang yang benar.

4. Dinginkan bawang

Bawang yang dingin akan membuat kandungan yang menguap semakin sedikit. Hal ini mungkin akan mengurangi rasa perih di mata. Namun, saat mendinginkan jangan membiarkannya sampai beku. Hal ini akan membuat bawang menjadi lembek saat dicairkan.

5. Buka ventilasi udara

Ventilasi akan membuat kandungan bawang keluar. Jika ventilasi udara ditutup, hal itu akan membuat kandungan bawang berada di dapur sehingga mata menjadi perih, bahkan saat memasak.

Cara-cara di atas adalah tips untuk mengurangi rasa perih saat mengiris bawang. Saat ini juga banyak kacamata yang dibuat untuk pelindung mata agar tidak perih saat mengiris bawang. Biasanya kacamata ini dijual di beberapa toko perangkat keras.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar