Yamaha

Bukan Denda atau Bersih-bersih Jalan, Begini Cara Unik Petugas Terapkan Sanksi pada Pelanggar PSBB di Tambora

  Jumat, 29 Januari 2021   Icheiko Ramadhanty
Petugas memberikan sanksi bagi pelanggar PSBB di Tambora (beritajakarta.id)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Delapan warga terkena sanksi sosial saat terjaring operasi tertib masker di Jalan Krendang Utara, tepatnya depan Puskesmas Kecamatan Tambora, Kamis (28/1) pagi. 

Namun, ada yang berbeda dari sanksi yang diberikan oleh petugas kepada mereka. Para pelanggar PSBB itu diganjar sanksi sosial dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Hal ini dirasa unik dan berbeda karena biasanya, pelanggar PSBB diberikan sanksi berupa denda administratif atau sanksi kerja bakti berupa bersih-bersih jalan. 

AYO BACA : Atasi Genangan di Permukiman, Sudin SDA Jaktim Buat Waduk Mini

"Penerapan sanksi sosial diberikan agar membuat jera buat pelanggar untuk mematuhi aturan penerapan protokol kesehatan," ujar Kasatgas Pol PP Kelurahan Krendang, Rudi, dilansir dari beritajakarta.id.

Ia menjelaskan, penerapan sanksi sosial diberikan atas dasar Pergub No.3 Tahun 2021 yang merupakan tindak lanjut pelaksanaan peraturan daerah tentang penanggulangan Covid-19. 

Aturan gubernur tersebut terdiri dari 70 pasal yang mengatur berbagai ketentuan, mulai dari standar masker, penerapan pencegahan Covid-19, hingga pengenaan sanksi. 

AYO BACA : Waspada Hujan Lebat & Angin Kencang Hari Ini, Ya Gaes (29 Januari 2021)

Delapan warga itu, diberikan sanksi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di depan Puskesmas Kecamatan Krendang. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, para pelanggar umumnya mengaku lupa mengenakan masker. Tapi, ada juga yang mengaku tak leluasa bernapas kalau memakai masker. 

"Apa pun alasannya, kami tetap mengacu pada aturan daerah pada masa pemberlakuan PSBB di Jakarta. Ini sebagai upaya kami dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19," tambahnya. 

Selain operasi tertib masker, satgas Covid-19 kelurahan Krendang juga rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan itu dilaksanakan di permukiman warga RW 03 dan 06, tak jauh dari pelaksanaan operasi tertib masker.

AYO BACA : Bikin Heboh! Transaksi di Pasar Muamalah Depok Pakai Dinar dan Dirham

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar