Yamaha

Pandemi Covid-19, Toyota Jadi Mobil Terlaris di Dunia 2020

  Jumat, 29 Januari 2021   Budi Cahyono
Emblem mobil-mobil Toyota jenis Electric Vechile (EV) [AFP/ Robyn Beck].

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Dampak pandemi Covid-19 membawa berkah bagi produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor Corporation.

Toyota secara mengejutkan menggeser posisi Volkswagen dari posisi puncak penjual mobil terlaris di dunia sepanjang 2020.

Sangat kompetitif, Toyota berhasil mendapatkan kembali posisi teratas sebagai merek terlaris di dunia untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

AYO BACA : Harga Terjangkau, Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

Pencapaian Toyota ini tidak lepas dari dampak pandemi yang membuat Volkswagen jauh lebih terpuruk.

Toyota mengatakan, penjualan global seluruh grupnya turun 11,3 persen menjadi 9.528 juta kendaraan pada 2020. Namun penurunan ini masih lebih rendah dibandingkan penurunan yang dialami Volkswagen, yaitu 15,2 persen menjadi 9.305 juta kendaraan.

Penjualan jauh menurun akibat dampak pandemi di sektor otomotif. Kondisi lockdown juga memaksa warga untuk berdiam diri di rumah atau tidak melakukan perjalanan berkendaraan. Termasuk tidak membeli produk baru. Situasi inilah yang memaksa pabrikan untuk mengurangi atau menghentikan produksi.

AYO BACA : Tanpa Modifikasi, Pajero Sport Rockford Fosgate Sajikan Sensasi Audio Powerful

Namun demikian, Toyota berhasil mengatasi masa pandemi dengan lebih baik karena pasar dalam negeri Jepang, dan kawasan Asia secara umum kurang terpengaruh oleh wabah virus Corona dibandingkan Eropa dan Amerika Serikat.

"Fokus kami bukan pada peringkat, tetapi pada melayani pelanggan kami,'kata juru bicara Toyota, dikutip dari Car and Bike.

Karena permintaan tinggi untuk mobil ramah lingkungan terutama di pasar China, para pembuat mobil berusaha keras untuk memanfaatkan permintaan mobil listrik yang terus meningkat itu.

Toyota menyebut rasio penjualan kendaraan listrik yang dijualnya tahun lalu tumbuh menjadi 23 persen dari total penjualan 20 persen pada 2019.

AYO BACA : Mitsubishi Buka Peluang Datangkan Mobil Full Listrik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar