Yamaha

Viral #UninstallShopee, Begini Reaksi Lucu Netizen

  Rabu, 03 Februari 2021   Firda Puri Agustine
Tangkapan layar aplikasi belanja online Shopee / dok. Firda

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Jagat dunia maya Twitter dihebohkan dengan kemunculan tagar #UninstallShopee, Rabu (3/2/2021) pagi. 

Jika pukul 06.40 WIB ada 6.500 tweet, maka terbaru di pukul 09.39 WIB, tagar ini sudah di-tweet sebanyak 7.110 kali. 

Reaksi warganet atau netizen dengan tagar #UninstallShopee sangat beragam. Ada yang marah, kesal, hingga mengungkapkan kalimat-kalimat lucu. 

Rata-rata resah soal barang belanjaan yang masih dalam status ‘dikemas’. Begitu juga nasib dagangannya yang terlanjur diunggah di aplikasi tersebut. 

Berikut Ayojakarta rangkum beberapa respons netizen soal #UninstallShopee : 

“plislah sopi adalah jalan ninja ku beli beli dan jualan. hobi ku juga ada di sopi yaitu menyiram tanaman #UninstallShopee,tweet akun @Kan**

“Jan dulu #UninstallShopee pesanan ku blom  nyampe rumah,” tweet akun @sya**

#UninstallShopee isinya pamer isi saldo apalah daya gw sekali topup langsung checkout,” tweet akun @iam**

“kecewa berat nih sama shopee setelah baca thread sebelumnya, gue kecewa #UninstallShopee,” tweet akun @kua**

“Ga mau #UninstallShopee seblak gua belom nyampe, gua pas di event 2.2 cuma beli seblak,” tweet akun @hi**

“lagi rame #UninstallShopee knp nih? gue masih punya utang di shopee woy,” tweet akun @02**

“Lagi trending #UninstallShopee ya aku gak ikut dulu nanti paket aku nyasar kalo #UninstallShopee nya,” tweet akun @tuk**

Gara-gara Konten Iklan 

Usut punya usut ternyata tagar #UninstallShopee berkaitan dengan program marketing dan promosi Shopee Indonesia yang ada di Instagram gosip @lambe_turah. 

Konten iklan itu memuat percakapan antara pria dan wanita seperti pada aplikasi kencan. Namun, isinya justru mengarah pada pelecehan terhadap wanita. Baru di bagian akhir menampilkan promosi belanja Shopee. 

Sontak saja hal ini menimbulkan reaksi dari masyarakat. Tak sedikit dari mereka mengecam serta menyayangkan strategi pemasaran Shopee yang dianggap kelewat batas. 

“Coba tonton iklan nya Shopee yg terbaru..yg awalnya nunjukin chat an..terus pas di klik vid nya isinya iklan shopee..Itu aslinya chat nya tentang pelecehan gitu deh..gk paham deh gmn shopee bisa makek itu,” tweet akun @myo**

“Sorry jb but imma explain, shopee using sexual harassment as a marketing strategy,” tweet akun @dhe**

Sebagian netizen menduga, konten iklan tersebut merupakan ide kreatif dari pihak Lambe Turah dimana Shopee hanya menjadikan akun ini sebagai endorse. 

“Kalau emang benar ternyata shopee minta dipromote lamtur, pihak merketingnya sakit nih udah tau lamtur suka bikin klikbait sampah kaya beginian. Sehabis itukah ide tim marketing shopee sampe sekelas unicorn promotnya sama akun beginian? Smh,” tweet akun @kat**

“Harusnya, harusnya nih ya. Brand itu QC dulu sebelum PP/Endorse, bahkan misal ngebebasin si akunnya mau bikin konten kaya gimana. Kalo lamtur kontennya begitu, ya bisa jadi emg udh ada approval dr pihak Shopee,” tweet akun @hap**

Ayojakarta sedang berusaha mendapatkan penjelasan resmi dari pihak Shopee Indonesia terkait hal ini. 

Sementara akun Instagram @lambe_turah pun sudah menghapus materi iklan tersebut dan belum memberikan klarifikasi hingga berita ini ditayangkan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar