Yamaha

Penghobi Ikan Cupang: Pulang Kerja Langsung Lihat Cupang, Baru Anak dan Istri

  Selasa, 09 Februari 2021   Budi Cahyono
Ikan Cupang (Ayobandung/Fichri Hakiim)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat mulai mencari kegiatan baru. Salah satunya memelihara ikan cupang. Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan hias maupun ikan aduan yang sudah populer sejak lama. Namun, pamornya seakan melejit di saat pandemi saat ini.

Salah satu penggemar ikan cupang bernama Cesar Yudistira (31) mengatakan, ia mulai tertarik memelihara ikan cupang semenjak pandemi Covid-19.

"Dulu mulai senang ikan cupang pas saat Covid-19. Kan kegiatannya berkurang, jadi cari kegiatan yang lain seperti miara ikan cupang," katanya kepada Ayobandung.com, Selasa (9/2/2021).

Cesar menuturkan, alasan dirinya memelihara ikan cupang karena memiliki warna yang indah. Kemudian, memelihara ikan cupang tidaklah susah.

AYO BACA : Bisnis Ikan Cupang, Menjanjikan sebagai Lahan Mengeruk Cuan

"Karena meliharanya simpel, ga ribet, ga perlu akuarium yang besar, cukup pakai toples saja," tuturnya.

Menurutnya, ikan cupang memiliki beberapa jenis. Namun, jenis ikan cupang yang menjadi kesukaannya yaitu jenis halfmoon.

"Jadi, cupang itu ada beberapa jenis, aku suka yang model halfmoon yang buntutnya besar, karena lebih indah bentuknya, terus juga ekornya lebar," jelas Cesar.

Cesar yang juga warga asal Cimahi itu menjelaskan tidak ada obat khusus untuk memelihara ikan cupang. Cukup meletakan daun ketapang ke dalam air yang terdapat ikan cupang, tujuannya agar warna kulit ikan lebih bersinar.

AYO BACA : Viral, Anjing Bermasker di Kota Tasik Curi Perhatian Netizen

"Jangan telat kasih makan, sebenernya ga ada obat khusus, ya cukup daun ketapang supaya mempercantik warna, itu juga ngaruh ke warna ikan tersebut," katanya.

Cesar memelihara 7 ikan cupang, ia meletakan ikan cupangnya di sebuah toples berukuran kecil yang ia jajarkan di dinding. Harga ikan cupang pun bervariasi, mulai dari Rp15 ribu hingga ratusan ribu.

"Yang aku punya itu paling mahal Rp100 ribu, tapi ada juga yang Rp50 ribu. Tapi ada yang jual dengan harga Rp15 ribu. Ada yang paling mahal Rp150 ribu itu jenisnya nemo koi, aku suka itu," jelas Cesar.

Menurutnya, memelihara ikan cupang merupakan kesenangan tersendiri. Terkadang, ia harus membagi waktu antara ikan cupang dan keluarganya.

"Ya enaknya main cupang jadi kesenangan buat sendiri. Tapi ga enaknya kadang perhatiannya lebih ke cupang, jadi pulang kerja ngeliatnya cupang dulu baru anak istri," guraunya. (Fichri Hakiim)

AYO BACA : Terancam Punah, Populasi Elang Jawa Tercatat Kurang 500 Pasang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar