Yamaha

Diduga Menjiplak Lagu OMG ‘Dolphin’, Shopee Dihujat Warganet

  Rabu, 10 Februari 2021   Budi Cahyono
Shopee office (dok Suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Shopee baru saja meluncurkan iklan promo baru menjelang Shopee 3.3 Fashion Sale yang berlaku mulai 8 Februari hingga 31 Maret 2021.

Iklan promo itu ikut diramaikan artis-artis papan atas Ibu Kota, seperti Nikita Willy dan Adipati Dolken.

Namun bukan sang artis yang menjadi sumber hujatan para warganet, melainkan soundtrack iklan tersebut. Warganet menyoroti bahwa Shopee diduga telah menggunakan lagu salah satu Girl Band terkenal asal Korea, Oh My Girl (OMG), berjudul “Dolphin” sebagai soundtrack iklannya namun dengan lirik yang diubah sesuai dengan tema promo teranyar dari e-commerce tersebut.

Atas ulahnya tersebut, warganet yang mengaku fans OMG garis keras tersebut ataupun pecinta K-Pop menilai Shopee telah mempermalukan OMG dan menuntut e-commerce itu untuk meminta maaf kepada grup band wanita asal Korea itu.

Tanda pagar (tagar) #shopeebikinmalu sempat bertengger sebagai trending topic di platform media sosial, Twitter, selama beberapa waktu.

Warganet diketahui ramai-ramai menghujat Shopee e-commerce yang berbasis di Singapura itu sebagai plagiat lagu sebuah Girl Band asal Korea dalam penayangan iklan promo terbarunya tersebut.

Hujatan dari warganet ini merupakan kali kedua yang dialami perusahaan asal Singapura tersebut. Minggu lalu, warganet menghujat Shopee karena menggunakan cerita korban kekerasan seksual sebagai konten iklan di salah satu akun gosip. Imbasnya, tagar #uninstallshopee sempat mengemuka pada 2 februari lalu.

 “We demand your apology. At least undang mereka so that they got paid after what you guys have done. #ShopeeBikinMalu,” tulis akun @kelucuanku yang sudah di-retweet lebih dari 200 kali.

Seorang pengguna Twitter lainnya, @peternakucing, juga mengungkapkan kekecewaannya atas ulah Shopee itu dengan menulis “Shopee gimana nih pertanggungjawabannya masa mau viral tapi pake lagu orang heum #shopeebikinmalu,” tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan sudah lebih dari 7.000 akun yang ikut memasang tagar #shopeebikinmalu. Sementara itu, beberapa jam setelah hashtag itu meluncur, Shopee diketahui telah menurunkan materi iklan promo tersebut dari akun resminya, @ShopeeID, sekaligus menjawab komentar akun @banaomg:

“Hi Kak, terima kasih masukannya. Shopee berkomitmen utk menjadi lebih baik. Komponen materi promosi yang digunakan tidak melanggar hak cipta dan iklan kami menggunakan notasi yg berbeda dari lagu yang dimaksud. Namun demi kenyamanan bersama kami akan mengganti lagu dari iklan tersebut.”

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar