Yamaha

Cara Tahu WiFi Dibobol Orang Lain Atau Tidak

  Rabu, 10 Februari 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Apakah kamu pernah mengalami jaringan internet WiFi melambat tiba-tiba? Jika iya, bisa jadi hal tersebut disebabkan ada orang lain yang juga menggunakan WiFi-mu. Lalu, bagaimana cara mengetahui WiFi dibobol orang lain?

Di era milenial ini, jaringan WiFi memang sudah bisa kamu temukan di mana-mana, mulai dari tempat umum, kantor, café atau resto, tempat rekreasi  hingga di ponsel pengguna.

Dengan menjamurnya titik WiFi, potensi orang lain untuk menumpang akses WiFi tanpa izin pun bisa saja terjadi. Hal tersebut bukan hanya membuat koneksi melambat, tapi juga bisa saja mencuri informasi pribadi di PC, laptop atau HP.

Bahkan ada kemungkinan pelakunya menanam virus ke koneksi WiFi pengguna. Maka dari itu, simak cara mengetahui WiFi dibobol orang lain berikut ini.

Cara Mengetahui WiFi Dibobol Orang Lain

Untuk tahu siapa-siapa saja yang mengakses koneksi WiFi kamu tanpa izin sebenarnya terbilang mudah, bahkan tanpa harus melakukan root Android.

Nah, cara mengetahui WiFi kita dibobol orang lain yaitu bisa menggunakan aplikasi Fing – Network Tool. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi, seperti berikut ini.

  •         Mengetahui semua perangkat yang terhubung
  •         Mengetahui IP Address, MAC Address, dan DNS
  •         Mengetahui Perangkat yang digunakan (PC, Laptop, Smartphone
  •         Merek serta Nama perangkat
  •         Dan lain-lain

Untuk menggunakan aplikasi ini pun terbilang mudah dan tidak ribet. Seperti apa cara mengaplikasikannya? Simak baik-baik di bawah ini.

  1. Unduh Aplikasi Fing melalui App Store atau Play Store
  2. Buka Aplikasi Fing, lalu aplikasi tersebut secara otomatis akan melakukan scanning
  3. Setelah proses scanning, maka akan muncul siapa saja yang terhubung ke koneksi WiFi-mu. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar