Yamaha

Empat Hal Buruk Ini Akan Terjadi Jika Motor Sering Kehabisan Bensin

  Kamis, 11 Februari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- keberadaan bensin dalam mesin sangatlah dibutuhkan. Tanpa kehadirannya di tangki kendaraan, dapur pacu tak bisa beroperasi dan buntutnya adalah mogok.

Dari pemahaman tadi, sebaiknya tangki bahan bakar pada sepeda motor tidak boleh dibiarkan kosong atau kering kerontang. Bila terjadi satu-dua kali mungkin tidak mengapa. Namun jika terlalu sering dilakukan, pastinya akan memberikan dampak buruk.

Mengutip laman Astra Motor, inilah 4 efek atau dampak buruk bila motor sering kehabisan bensin.

1. Tangki motor bisa berkarat

Tangki motor yang sering kehabisan bensin akan memberikan dampak yang kurang baik. Kondisi kering atau kosong membuat permukaan bagian dalam tangki mudah berkarat.

Untuk mengatasi hal semacam ini, sangat dianjurkan untuk mengisi tangki motor dengan bahan bakar yang penuh atau setidaknya cukup untuk merendam tangki motor.

2. Adanya endapan kotoran di bahan bakar

Jika tangki motor sudah berkarat, maka lama-lama karat akan terendapkan dan mengotori bahan bakar. Jika hal ini sudah telanjur, sangat disarankan untuk menguras tangki terlebih dahulu

Hal semacam ini juga bisa terjadi pada motor yang sudah sangat lama tidak digunakan. Demi keamanan, bisa melakukan pengurasan tangki di bengkel resmi.

Adapun pengurasan tangki motor ini sendiri bertujuan agar bahan bakar yang diisikan selanjutnya tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya mengendap di dalam tangki.

3. Fuel pump bisa terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada di dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump.

Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya bisa membuat motor ngadat dan mogok alias tidak mau dinyalakan mesinnya.

4. Masalah hingga ke karburator atau injektor

Masalah pada motor akibat kebiasaan membiarkan tangki motor kosong ternyata bisa menjadi hal yang sangat serius. Ketika fuel pump sudah tergaggu akibat adanya karat dan kotoran, hal ini bisa menyebar hingga mengganggu kinerja karburator ataupun injektor.

Padahal karburator dan injektor ini merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pembakaran bahan bakar motor. Jika bagian ini terganggu, maka bisa membayangkan sendiri bagaimana akibatnya terhadap motor.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar