Yamaha

Sebelum Kick-off, PSSI – LIB Berencana Gelar Turnamen Pramusim

  Jumat, 12 Februari 2021   Budi Cahyono
Logo PSSI. [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Sebelum kick-off Liga 1 dan Liga 2, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggelar turnamen pramusim untuk meyakinkan kepolisian agar memberikan lampu hijau.

Jika diizinkan kepolisian, turnamen pramusim ini akan digelar pada 20 Maret hingga 25 April nanti.

Rancangan turnamen ini juga telah dipresentasikan oleh PSSI dan PT LIB saat pertemuan dengan pihak-pihak kepolisian, Menpora, perwakilan KONI, serta Satgas COVID-19 pada Rabu (10/2/2021).

Dari materi presentasi yang beredar, diketahui turnamen pramusim ini akan berlangsung selama 37 hari. Sebanyak 20 tim akan ambil bagian dalam turnamen ini.

Ada 18 klub Liga 1 yang akan ikut serta plus dua klub dari Liga 2, yakni PSMS Medan dan Sriwijaya FC. Ke-20 tim ini akan dibagi ke dalam empat grup, dengan masing-masing grup diisi lima klub.

Untuk tuan rumah di babak grup, PSSI dan PT LIB memilih Kota Solo, Sleman, Magelang dan Semarang sebagai venue. Sebagai alternatif, ada opsi lain yakni Samarinda, Lampung, serta Palembang.

Untuk format pertandingan di babak grup menggunakan single round robin. Juara serta tiga tim runner-up terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak selanjutnya.

Delapan tim yang lolos akan berhadapan di babak knockout dengan single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Untuk babak semifinal dan final tidak berbeda dengan delapan besar, yakni tetap single match.

Adapun total 48 pertandingan turnamen pramusim ini bakal tayang secara langsung di televisi. Semua pertandingan akan berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat dan tentunya tanpa penonton.

"Turnamen prakompetisi ini juga dapat menjadi ajang pemanasan setiap klub, sekaligus untuk melakukan seleksi pemain baru sebelum dikontrak," demikian poin dalam materi presentasi PSSI tersebut.

Sebagai informasi, Liga 1 2021 direncankan bergulir mulai 11 Juni 2021 hingga 11 Maret 2022 mendatang. Namun, rancangan ini bisa saja berubah karena izin memang masih belum dikeluarkan pihak kepolisian.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar