Yamaha

Komunitas Offroad Bantu Selamatkan Mobil Terendam Banjir di Kemang

  Sabtu, 20 Februari 2021   Husnul Khatimah
Komunitas Offroad Bantu Selamatkan Mobil Terendam Banjir di Kemang (Republika)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Indonesia Offroad Federation (IOF) turun tangan membantu penanganan banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (20/2). IOF membantu menyelamatkan mobil yang terendam banjir.

Ketua IOF Pengda DKI, Iwan Sakri, menyebut ada sekitar 15 mobil offroad yang diterjunkan dalam aksi sosial kali ini. Mereka telah bersiap di lokasi banjir sejak pukul 10.00. Hingga siang ini, IOF sukses menarik lima mobil yang terendam banjir ke tempat aman.

"Kami biasa terjun kalau lagi banjir karena organisasi kami ada bidang sosial dan rescue. Apalagi mobil kami ada kemampuan untuk bantu tarik mobil yang terendam," kata Iwan pada Republika di lokasi banjir Kemang, Jaksel, Sabtu (20/2).

Iwan mengatakan para relawan mayoritas berasal dari Jakarta. Mereka hadir karena ada panggilan hati untuk membantu sesama.

Iwan menjelaskan proses penarikan mobil terkendala tingginya debit air di sebagian titik. Sehingga mereka harus menunggu banjir sedikit menyusut.

"Banyak mobil yang terjebak di basement dan tempat parkir. Kami tunggu kondusif dulu lah berkurang airnya," ujar Iwan.

Para relawan IOF juga harus berjibaku ketika memasang sling atau kawat penarik mobil. "Kesulitannya karena tinggi ada yang 1,5 meter harus menyelam untuk masang sling  penarik mobilnya," lanjut Iwan.

Selama proses penarikan Iwan menegaskan harus mendapat izin pemilik mobil lebih dulu. IOF tak bisa sembarangan menarik mobil tanpa restu si empunya.

"Izin dari pemilik selalu itu. Tidak boleh sembarangan asal narik," tutur Iwan.

Iwan dan rekan-rekannya berencana terus membantu penarikan mobil terendam hingga esok hari.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar