Yamaha

Pendaftaran KJMU 2021: Begini Mekanisme Pendataan, Jadwal, Persyaratan, & Cara Daftar

  Minggu, 21 Februari 2021   Eries Adlin
Pendaftaran KJMU 2021: Begini Mekanisme Pendataan, Jadwal, Persyaratan, & Cara Daftar/atmajaya.ac.id

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran calon penerima KJMU atau Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul tahap 1 tahun 2021 sejak 15 Februari sampai dengan 4 Maret 2021.

Berikut ini mekanisme pendataan, jadwal, persyaratan, cara daftar sesuai dengan ketentuan pendaftaran KJMU tahap 1 tahun 2021 dalam infografis yang dilansir media sosial Pemprov DKI Jakarta:

Berikut ini penjelasan P4OP Dinas Pendidikan via akun Twitter resminya tentang persyaratan dan cara mendaftar KJMU:

“Selamat sore. Berdasarkan Pergub nomor 97 tahun 2019 sebagaimana telah diubah dengan Pergub nomor 91 tahun 2020, persyaratan KJMU adalah sebagai berikut:

1. Berdomisili dan memiliki Kartu Tanda Penduduk serta Kartu Keluarga DKI Jakarta

2. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan/atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Daerah

3. Tidak menerima beasiswa/bantuan pendidikan lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD

4. Telah dinyatakan lulus dari pendidikan menengah pada Satuan Pendidikan Negeri/Swasta di DKI Jakarta paling lama 3 tahun sebelumnya

5. Diterima di Perguruan Tinggi Negeri jalur reguler di bawah naungan Kemendikbud dan Kemenag atau Perguruan Tinggi Swasta di DKI Jakarta jalur reguler dengan institusi dan program studi yang terakreditasi A

6. Pengajuan paling lama pada semester 2

Sementara itu, ini penjelasan lengkap dan cara mendaftar KJMU yang terpampang di laman resmi milik Pemprov DKI, kjp.jakarta.go.id:

Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) adalah program pemberian bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi calon/mahasiswa PTN dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di PTN dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Pemberian bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa PTN adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di PTN bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.
  2. Memberi bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program diploma/sarjana sampai selesai dan tepat waktu.
  3. Menigkatkan mutu pendidikan masyarakat, dan      
  4. Menumbuhkan motivasi bagi peserta didik untuk meningkatkan prestasi dan kompetitif.
  5. Sasaran:
  • Peserta didik dan Alumni yang tidak mampu secara ekonomi dan lulus seleksi PTN; dan
  • Mahasiswa PTN yang tidak mampu secara ekonomi

Persyaratan KJMU

  • Mendaftar di PTN dan dinyatakan lulus seleksi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPTN), dan Seleksi Mandiri PTN.

  • Pendataan KJMU

  • Form Kelengkapan Data (ada dimenu download)

  • Peserta Didik dan Alumni yang akan melanjutkan ke PTN/PTS mengajukan permohonan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan kepada Gubernur Melalui SMA/SMK/MA/sederajat Sekolah Asal.

Permohonan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilengkapi dokumen sebagai berikut:                                                                                          

  • Surat permohonan bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan. (Form 1) (ada di menu Download)

  • Surat pernyataan bermeterai Rp 6.000; (Form 2) (ada di menu Download)

  • Surat Pernyataan Ketaatan Penggunaan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan; (Form 7) (ada di menu Download)

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);

  • Fotokopi Kartu Keluarga;

  • Bukti pendaftaran/nomor ujian pada seleksi masuk PTN/PTS

Dalam hal Peserta Didik dan Alumni adalah pemilik KJP pada jenjang pendidikan sebelumnya, juga melengkapi dokumen tambahan sebagai berikut:

  • Fotokopi KJP; dan
  • Fotokopi Buku Tabungan KJP 

Besaran KJMU

Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan diberikan dalam bentuk biaya penyelenggaraan pendidikan dan/atau biaya pendukung personal yaitu sebesar Rp1.500.000 per bulan.

Biaya penyelenggaraan pendidikan dikelola oleh PTN dan Penyaluran biaya penyelenggaraan pendidikan ke rekening PTN melalui pendebetan dari rekening mahasiswa berdasarkan Surat Kuasa Pendebetan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan.

Biaya Pendukung personal adalah bantuan biaya hidup yang dapat berupa biaya buku, makanan bergizi, transportasi, perlengkapan/peralatan dan/atau biaya pendukung personal lainnya. Penyaluran biaya pendukung personal ke rekening masing-masing mahasiswa.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar