Yamaha

Buang Sampah Sembarang? Penyedia Jasa Angkut Sampah Ilegal Bakal Didenda Rp5 Juta!

  Senin, 22 Februari 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi pembuangan sampah/dok: utara.jakarta.go.id

KOJA, AYOJAKARTA.COM -- Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Utara mengenakan sanksi administrasi sekaligus denda senilai Rp5 juta kepada penyedia jasa angkut sampah ilegal.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariadi, mengatakan, pemberian sanksi merupakan buntut dari penemuan aktivitas awak truk yang membuang sampah sembarangan oleh petugas PPSU.

AYO BACA : Dinas Lingkungan Hidup DKI Ajak Warga Aktif Pemilahan Sampah Daur Ulang

"Mereka merupakan penyedia jasa angkut sampah ilegal, yang tidak mengantongi izin. Mereka ditemukan sedang membuang sampah sembarang di sekitar area luar Museum Bahari sekitar pukul 10.00 WIB," kata Achmad dilansir utara.jakarta.go.id, Minggu (21/2/2021). 

Menurut Achmad, aktivitas penyedia jasa angkut sampah ilegal ini dipantau petugas agar mengulangi perbuatannya kembali yang berdampak pada pencemaran lingkungan. 

AYO BACA : Atasi Masalah Sampah, Pindad Tawarkan Pemkot Jakut Mesin Smokeless Incinerator

"Mereka juga harus membuat izin dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta jika hendak kembali beroperasi," ujarnya. 

Sementara untuk sampah yang dibawa, dipastikan telah diangkut ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Sampah yang ditemukan bukan berjenis sampah medis melainkan sampah rumah tangga.

"Ukuran truk sampah ini enam kubik. Sampah sudah kami angkut ke TPST Bantar Gebang, sedangkan awak truk kami BAP sekaligus dikenakan denda," tuturnya.

Penyedia jasa angkut sampah ilegal ini juga dikenakan sanksi administrasi sekaligus denda senilai Rp5 juta sesuai dengan Pasal 131 Peraturan Daerah No.3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah.

AYO BACA : Anies Baswedan: 2020 Jadi Tahun Perubahan Pengelolaan Sampah di Jakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar