Yamaha

Ada 2 Cara Vaksinasi untuk Lansia ber-KTP DKI, Cek di Sini!

  Selasa, 23 Februari 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi vaksin Covid-19 / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Masyarakat yang masuk kategori lanjut usia (lansia) telah diizinkan untuk ikut vaksinasi Covid-19. Pemerintah DKI Jakarta mulai mengatur mekanisme vaksinasi untuk para lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Setidaknya terdapat dua cara pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Cara pertama yaitu berbasis fasilitas kesehatan (pemerintah).

Mekanismenya yaitu dengan melakukan pendaftaran melalui link atau tautan di laman dki.kemkes.go.id. Bagi lansia yang kesulitan mendaftar, dapat meminta bantuan keluarga atau pengurus RT/RW.

Pelaksanaan lewat cara pertama ini yaitu di puskesmas atau rumah sakit penyedia layanan vaksinasi terdekat dengan rumah lansia yang akan divaksinasi.

Adapun, Ayojakarta merangkum tata cara lengkapnya sebagai berikut:

1.       Daftar dengan mengisi form pendaftaran di tautan dki.kemkes.go.id

2.       Form tersebut berisikan sejumlah pertanyaan yang harus diisi peserta

3.       Jika mengalami kesulitan, peserta dapat meminta bantuan anggota keluarga lain/melalui kepala RT/RW setempat

4.       Setelah peserta mengisi data, seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing untuk penentuan jadwal termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi peserta

Selanjutnya, lansia juga bisa menempuh cara kedua yaitu melalui vaksinasi massal di suatu tempat yang diselenggarakan oleh organisasi maupun instansi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan.

Terdapat tiga pelaksana vaksinasi massal yaitu instansi (kementerian dan lembaga), organisasi keagamaan, dan organisasi kemasyarakatan. Nantinya, organisasi dan instansi yang sudah menjalani kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk mengenai hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi peserta.

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar