Yamaha

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12: Dibuka Siang ini 23 Februari 2021, Mulai Pukul 14.00 WIB

  Selasa, 23 Februari 2021   Eries Adlin
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12: Dibuka Siang ini 23 Februari 2021, Mulai Pukul 14.00 WIB/ilustrasi

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah diketahui akan mulai membuka pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 12 tahun 2021 hari ini, Selasa 23 Februari 2021, mulai pukul 14.oo WIB.

Informasi tentang pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 tahun 2021 tersebut disampaikan oleh sumber Ayojakarta yang ikut dalam pembahasan program bantuan dari pemerintah itu.

“Iya, rencananya jam 2-an (pukul 14.00 WIB),” kata sumber Ayojakarta menanggapi kabar tentang pemerintah membuka pendaftaran Prakerja gelombang 12, Selasa 23 Februari 2021.

Sebelumnya, akun Instagram resmi Kartu Prakerja melansir informasi bahwa para calon peserta untuk membuat akun Prakerja di laman resmi program tersebut.

Sobat Prakerja, situs Kartu Prakerja sudah terbuka untuk Sobat yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun. Dengan membuat akun, nantinya Sobat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang. Kunjungi situs resmi kami di www.prakerja.go.id untuk membuat akun Kartu Prakerja sekarang juga. Jangan lupa pantau terus info mengenai pembukaan gelombang di akun Instagram Kartu Prakerja yaa Sobat!

Demikian informasi yang disampaikan akun Instagram, prakerja.go.id, pada Minggu 21 April 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun sudah mengumumkan bahwa pemerintah akan menambah anggaran untuk Program Kartu Prakerja di 2021 menjadi Rp20 triliun, naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp10 triliun.

Paparan Kementerian Keuangan dalam rapat dengar pendapat secara virtual bersama Komisi XI DPR RI, Rabu (3 Februari 2021), menyatakan kenaikan anggaran untuk Kartu Prakerja dinilai ‘mendesak’. Hal ini dinilai pemerintah sebagai penanganan dampak Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Sambil menunggu pengumuman resmi, ada baiknya kalian menyimak cara daftar dan dokumen yang harus disiapkan agar lolos seleksi. Bagi pendaftar yang ingin lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, harap memperhatikan persyaratan berikut:

  1. Nama lengkap harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Perhatikan nomor Kartu Keluarga (KK). Jangan sampai ada ketidakcocokan antara data di KTP dan KK
  3. Tanggal lahir harus sesuai KTP
  4. Alamat surat elektronik (surel) atau email yang jelas dan aktif (kotak masuk jangan sampai penuh atau jangan gunakan e-mail yang sudah lama tidak dipakai)
  5. Nomor handphone yang sesuai dengan data diri saat registrasi
  6. Alamat sesuai KTP
  7. Alamat domisili (jika tempat tinggal dan alamat di KTP berbeda)
  8. Jenis kelamin
  9. Pendidikan terakhir yang ditamatkan
  10. Status kebekerjaan
  11. Foto KTP atas milik pendaftar.

Ke-11 poin di atas merupakan 'modal utama' bagi pendaftar untuk mengikuti program Kartu Prakerja. Jika terdapat ketidaksesuaian antara data yang dimasukkan dengan data yang diperoleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, maka proses pendaftaran peserta bisa menjadi alasan mengapa peserta tersebut tidak lolos.

Berikut Ayojakarta rangkum cara mendaftar Kartu Prakerja yang diberlakukan pada gelombang 11, Oktober tahun lalu:

  • Masuk ke laman prakerja.go.id

  • Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

  • Cek email masuk dari kartu prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

  • Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

  • Klik tombol 'berikutnya'

  • Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak prakerja

  • Mengisi tes motivasi selama 1 menit

  • Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

  • Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 10' (jika sudah dibuka).

Lalu, bagaimana cara bagi yang gagal di gelombang sebelumnya dan ingin kembali mendaftarkan diri di gelombang berikutnya? Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun prakerja pada pendaftaran sebelum gelombang 12:

  • Masuk ke laman prakerja.go.id

  • Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

  • Menuju ke laman dashboard di profile prakerja masing-masing

  • Peserta dapat langsung klik 'gelombang 10' (jika sudah dibuka)

Pada gelombang-gelombang sebelumnya, pendaftar terpilih berhak mendapatkan total bantuan sebesar Rp3,55 juta. Adapun rinciannya yaitu Rp1 juta untuk saldo pembelian pelatihan (tidak bisa dicairkan), Rp600 ribu selama 4 bulan, dan Rp150 ribu dari survei atau rating.

Berikut ini penjelasan tentang apa dan bagaimana program Kartu Prakerja seperti dilansir laman resmi program tersebut, prakerja.go.id:

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

Untuk siapa?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada:

  • Pejabat Negara;

  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;

  • Aparatur Sipil Negara;

  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia;

  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

  • Kepala Desa dan perangkat desa; dan

  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Solusi Program Kartu PraKerja

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan

  • Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan

  • Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch.

  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal.

  • Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar