Yamaha

Satgas Covid-19 Masih Tutup Rapat Soal Dua Pasien Varian Baru B117

  Selasa, 02 Maret 2021   Budi Cahyono
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito / Foto : Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Strain B117 atau corona varian baru B117 asal Inggris sudah masuk di Indonesia. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 enggan mengungkapkan kondisi terkini dua pasien yang terdeteksi positif Covid-19 dengan strain virus B117 asal Inggris.

Saat ditanya di mana lokasi penularan dua kasus itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito enggan menjelaskan. Ia hanya membenarkan bahwa strain B117 asal Inggris sudah masuk di Indonesia.

"Iya betul bahwa varian B117 telah ditemukan di Indonesia sebagaimana yang disampaikan Bapak Wakil Menteri Kesehatan RI," kata Wiku singkat dalam jumpa pers virtual, Selasa (2/3/2021).

Dia menuturkan Satgas telah melakukan penelusuran kontak dari kedua kasus tersebut agar penyebaran tidak semakin meluas.

"Adanya temuan ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif tersebut untuk mencegah meluasnya penyebaran," ucapnya.

Selain itu pemerintah juga akan terus menjaga perbatasan agar semua orang yang masuk ke Indonesia sudah terjamin kesehatannya dan tidak menambah dua kasus B117 yang sudah ditemukan.

"Untuk saat ini petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat termasuk kementerian lembaga terkait bersama satgas akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi di lapangan," tutur Wiku.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan bahwa virus virus strain B117 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia dengan ditemukannya dua kasus pada 2 Maret 2021, namun belum dijelaskan secara detail.

"Kalau satu tahun lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 covid-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di indonesia, ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," kata Dante dalam Peringatan 1 Tahun Covid-19 Indonesia disiarkan Kemenristek/BRIN, Selasa.

Selama satu tahun pandemi Covid-19 tercatat sudah ada 1.347.026 orang Indonesia yang terinfeksi, 149.645 masih dalam perawatan, 1.160.863 orang sembuh, dan 36.518 jiwa meninggal dunia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar