Yamaha

Demokrat Bandung Barat Tak Akui KLB Versi Deli Serdang

  Jumat, 05 Maret 2021   Budi Cahyono
Partai Demokrat (dok)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat kubu Moeldoko yang digelar di Hotel The Hill, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (5/3/2021), dinilai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Bandung Barat (KBB) ilegal.

Ketua DPC Partai Demokrat KBB, Iwan Setiawan mengatakan, KLB yang digelar kubu sebelah tersebut ilegal dan melanggar hukum karena tidak sesuai dengan AD/ART partai.

AYO BACA : KLB Partai Demokrat Deli Serdang Disebut Gerakan Perampasan dan Pengambilalihan Jabatan

“Secara jernih dan terang benderang, kita bisa lihat fakta yang sesungguhnya bahwa penyelenggaraan KLB di Sumatera Utara jelas melanggar dan tidak sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat,” ujar Iwan saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Berdasarkan aturan yang berlaku, syarat pelaksanaan KLB sesuai AD/ART partai wajib memenuhi sejumlah syarat, di antaranya diajukan paling sedikit oleh 2/3 DPD tingkat provinsi yang sah. 

AYO BACA : Pilih Moeldoko Jadi Ketum, AHY: KLB Deli Serdang Hanya Dagelan dan Kami Siap Lawan!

“Dan diajukan oleh paling sedikit 1/2 jumlah DPC tingkat kabupaten/kota se-Indonesia serta yang terakhir disetujui oleh ketua MTP partai,” kata Iwan.

Iwan melanjutkan pentolan yang menyelenggarakan KLB adalah orang-orang yang sudah diberikan sanksi pemecatan dari Partai Demokrat sehingga tidak punya legal standing untuk menyelenggarakan KLB. 

“Sudah bisa dipastikan tidak ada satu pun DPD dan DPC yang sah mengajukan KLB kepada DPP itu, artinya KLB abal-abal tidak punya alas hak karena yang mengusulkan bukan pemilik suara yang sah,” terang Iwan.

Dirinya menyebut jika kegiatan liar tersebut wajib dibubarkan karena hanya akan mengganggu situasi dan memperkeruh suasana serta cenderung merusak sistem demokrasi. 

“Oleh karenanya kami mendesak sebagai pengurus daerah, agar para penyelenggara aksi kerumunan liar kegiatan KLB yang ilegal dan inkonstitusional ditindak tegas. Kami menjamin dari kader dari DPC KBB tidak ada yang ikut KLB, kalaupun ada akan kami pecat,” tandasnya. (Tri Junari)

AYO BACA : Moeldoko Segera Daftarkan Partai Demokrat Versi KLB ke Kemkumham

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar