Yamaha

20,2 Juta Vaksinasi Mandiri Tahap Pertama Akan Disiapkan Bio Farma

  Senin, 15 Maret 2021   Budi Cahyono
ilustrasi vaksin covid-19 (Ayojakarta/Budi Cahyono)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- PT Bio Farma (Persero) mengerahkan anak usahanya, PT Kimia Farma Tbk untuk mendatangkan vaksin untuk vaksinasi mandiri.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan, vaksin yang didatangkan berbeda dengan vaksin buat program pemerintah. Vaksin yang didatangkan berasal dari Sinopharm dan Moderna.

"Sampai hari ini kami sudah melakukan proses komunikasi dan juga negosiasi dengan 2 pengembang vaksin," ujar Honesti dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Honesti menuturkan, pihaknya sudah meminta komitmen dari Sinopharm untuk mengirimkan vaksin ke Indonesia.  Tahap awal, jelas dia, Sinopharm bakal mengirim 15 juta dosis yang dimulai pada Maret ini hingga akhir kuartal II 2021.

Dalam proses pengiriman tersebut, Bio Farma juga menugaskan Kimia Farma untuk mengurus izin penggunaan darurat BPOM.

"Dan juga ada opsi seandainya Masih dibutuhkan untuk menambah 15 juta dosis berikutnya," ucap dia.

Selanjutnya, Honesti bilang Moderna juga telah menyatakan komitmennya untuk mengirim vaksin Covid-19 sebanyak 5,2 juta dosi pada kuartal III 2021.

"Registrasi akan dilakukan oleh Bio Farma. modern ini sudah mendapatkan penggunaan darurat Badan POM Amerika dari tahun lalu tanggal 18 September dan juga dari Eropa maupun dari Europe Community 6 Januari 2021 kemarin," pungkas dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar