Yamaha

Bantuan Biaya Hidup Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Sampai Rp1,4 juta per Semester, Cek Cara Daftar Cek di Sini

  Rabu, 24 Maret 2021   Eries Adlin
Bantuan Biaya Hidup Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Sampai Rp1,4 juta per Semester, Cek Cara Daftar Cek di Sini (ilustrasi)/ayobandung/kavin faza

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Kemendikbud juga mengubah besaran biaya hidup untuk mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dari yang semula dipatok rata Rp700 ribu per semester menjadi sistem klaster yang bisa mencapai Rp1,4 juta.

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, 18 Maret 2021.

Kemdikbud membagi besaran biaya hidup untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah dalam 5 klaster daerah sesuai dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019 yakni:

  • klaster satu Rp800 ribu per semester

  • klaster dua Rp950 ribu per semester

  • klaster tiga Rp1.1 juta per semester

  • klaster empat Rp1,25 juta per semester

  • klaster lima Rp1,4 juta per semester

Kemdikbud juga mengubah besaran dan skema bantuan KIP Kuliah yang semula Rp2,4 juta menjadi maksimal Rp8 juta per semester.

Dalam kebijakan KIP Kuliah yang selama ini berlaku, menurut Nadiem, di fakultas manapun mahasiswa akan mendapatkan bantuan Rp2,4 juta. Dengan ketentuan baru, beasiswa yang diterima mahasiswa tergantung jurusan yang diambil dan jumlahnya bisa mencapai Rp8 juta per semester.

“Yang terjadi sekarang ini, KIP Kuliah dipatok rata. Semua anak mau masuk universitas apapun diberikan standard Rp2,4 juta per semester. Padahal, ada sekolah yang sampai dengan Rp10 juta per semester, Rp 12 juta per semester (di) PTN maupun PTS,” kata Nadiem dalam rapat tersebut.

Menurut Nadiem, kebijakan KIP Kuliah disusun untuk menciptakan mobilitas sosial dan meningkatkan kemampuan anak-anak kita agar bisa bermimpi besar.

“Tapi kalau semuanya dipagu Rp2,4 juta per semester apa yang terjadi, anak yang kurang mampu tapi berprestasi… menjadi tidak percaya diri. Jadi mereka sudah keburu kalah duluan. Jadinya, mereka mencari sekolah yang mungkin masih masuk dalam kisaran Rp2,4 juta,” kata Menteri Nadiem.

Dengan perubahan skema itu, Pemerintah menaikkan anggaran untuk KIP Kuliah dari Rp1,3 triliun pada 2020 menjadi Rp2,5 triliun pada 2021. “Jumlah penerimanya tidak berubah, 200 ribu mahasiswa seperti 2020.”

Jumlah penerima KIP Kuliah sebanyak 200.000 mahasiswa baru terbagi daam program studi A sebanyak 61.000 mahasiswa, program studi B sebanyak 112.000 mahasiswa dan program studi C sebanyak 27.000 mahasiswa.

Biaya pendidikan per mahasiswa pada KIP Kuliah 2020 Rp2,4 juta per semester kini mengalami perubahan, yakni program studi A sebesar Rp8 juta per semester, program studi B sebesar Rp4 juta per semester dan program studi C sebesar Rp2,4 juta per semester.

Nah, kamu yang ingin mengetahui cara mendaftar hingga syarat peserta KIPK, silakan akses informasi lengkapnya di situs resmi KIPK di link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Sayangnya ketika Ayojakarta mengakses alamat link KIP Kuliah, situs tersebut masih error.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar