Yamaha

5 Cara Sederhana Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

  Jumat, 26 Maret 2021   Husnul Khatimah
5 Cara Sederhana Ini Ampuh Turunkan Berat Badan (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Tren diet restriksi tertentu mungkin dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, penurunan berat badan dalam waktu singkat biasanya tak bisa bertahan lama.

Dibandingkan hanya terpaku pada tren diet restriksi, mengubah kebiasaan sehari-hari secara konsisten dapat memberikan hasil yang lebih baik. Berikut ini adalah lima kebiasaan yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih baik, seperti dilansir Eating Well, Senin (4/1).

Catat Kebiasaan
Tak banyak orang yang menyadari seperti apa sebenarnya kebiasaan makan mereka. Untuk mengingat semua makanan yang dikonsumsi di hari sebelumnya pun mungkin akan sulit.

Coba untuk mulai mencatat makanan yang dikonsumsi, olahraga yang dilakukan, hingga air putih yang diminum serta besaran porsi sayur yang dimakan. Manfaatkan aplikasi yang tersedia secara luas untuk melakukan pencatatan ini.

Konsultasi dengan Ahli
Tak ada salahnya untuk meminta panduan dari ahli gizi untuk membuat perubahan dan membangun kebiasaan baru. Bila hanya memantau asupan dan olahraga dari aplikasi, seseorang bisa memiliki pemahaman yang keliru terkait penurunan berat badan. Misalnya, berpikir bahwa mengurangi makan dan memperbanyak olahraga dapat mempercepat penurunan berat badan. Padahal cara ini tak akan bisa sukses bila diterapkan dalam jangka panjang.

Penurunan berat badan pada dasarnya bukan hanya sekedar persamaan matematika. Penurunan berat badan juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain di luar perhitungan kalori. Misalnya, faktor hormonal dan metabolisme tubuh. Konsultasi dengan ahli gizi dapat memberikan panduan penurunan berat badan yang lebih sesuai dengan kebutuhan diri sendiri.

Setengah Piring adalah Sayuran
Saat makan siang dan malam, coba atur porsi makan yang ada pada piring. Upayakan setengah bagian piring terisi sayur, seperempat bagian piring terisi gandum utuh, dan seperempat sisanya terdiri dari protein.

Memperbanyak konsumsi sayuran sangat membantu penurunan berat badan. Alasannya, sayuran kaya akan serat yangdapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat memperlambat lonjakan kadar gula darah setelah makan.

Menurut sutid dalam Annals of Internal Medicine, konsumsi 30 gram serat per hari dapat membantu penurunan berat badan. Upayakan sayur yang dikonsumsi terdiri dari beragam variasi dan warna.

Sarapan Ideal
Pastikan sarapan tak terlewat bila ingin menurunkan berat badan. Perhatikan pula jenis makanan yang dikonsumsi saat sarapan. Idealnya, sarapan perlu terdiri dari serat, protein, dan lemak sehat.

Sebuah studi membandingkan orang-orang yang sarapan dengan telur dan orang-orang yang sarapan dengan roti bagel selama delapan minggu. Orang-orang yang sarapan dengan telur mengalami penurunan indeks massa tubuh (IMT) 61 persen lebih besar, penurunan berat badan 65 persen lebih besar, dan pengecilan lingkar pinggang 34 persen lebih besar.

Saat sarapan, telur bisa diolah dengan beragam bahan makanan lain yang juga menyehatkan. Beberapa contohnya adalah telur dan bayam, atau roti gandum panggang dengan alpukat dan telur.

Olahraga
Tentu perubahan pola makan perlu diimbangi dengan olahraga agar penurunan berat badan terjadi secara optimal. Kombinasi pengaturan pola makan dan olahraga dinilai sebagai cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan hasilnya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas olahraga yang sedang. Bila ingin melakukan olahraga berintensitas tinggi, anjuran dari CDC adalah 75 menit per minggu.

Akan lebih baik bila olahraga kardio juga dikombinasikan dengan latihan kekuatan. Untuk latihan kekuatan, yang dianjurkan adalah 2-3 sesi latihan per minggu dengan masing-masing durasi sesi latihan 15-20 menit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar