Yamaha

Pemkot Bogor Akan Bangun RSUD Tipe A di Kawasan Rancamaya

  Jumat, 26 Maret 2021   Yogi Faisal
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim / dok. Pemkot Bogor

BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Jajaran Direksi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membangun RSUD Tipe A di kawasan Bogor Selatan. 

Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir mengatakan, hal tersebut dilakukan demi visi pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Bogor.

Rencananya, pembangunan RSUD Tipe A tersebut bakal dilakukan kawasan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan.

"Dalam bidang akuratif di sisi pelayanan kesehatan, harus ada pemerataan dengan mendekatkan masyarakat pada pelayanan kesehatan. Jadi perlu adanya rumah sakit baru, walaupun ini dalam sebatas wacana, tetapi harus kita sikapi dengan serius untuk mewujudkan," katanya, Jumat (26/3/2021).

Dipilihnya kawasan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan lantaran di sanalah Pemkot Bogor memiliki lahan seluas 9 hektare, yang bisa digunakan untuk membangun RSUD tipe A nantinya.

Dalam membangun RSUD tipe A, ada cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti, kapasitas tempat tidur diatas 250 tempat tidur, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Rumah Sakit.

Kendati demikian, saat ini RSUD Kota Bogor sudah bisa menjadi rumah sakit tipe A dengan total kapasitas tempat tidur sebanyak 395 tempat tidur. 

Ilham menjabarkan, saat ini jenis-jenis pelayanan spesialis di RSUD Kota Bogor sendiri sudah lengkap. Apalagi, di era Covid-19, RSUD Kota Bogor masih bisa melayani pasien non Covid-19 sebanyak 200 pasien. Sementara, pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Kota Bogor saat ini ada 40 pasien.

RSUD Kota Bogor, dijelaskan Ilham, saat ini sudah memiliki vetomaternal, pelayanan bedah torax, dan bedah subspesialis. Rencananya, pihak RSUD akan mengembangkan sisi keahlian, terutama dalam subspesialis ginjal.

“Sekarang kita sedang berjuang untuk menjadi rujukan cancer. Dan memang bener secara kenyataannya banyak pasien-pasien dari Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok dan Tangerang berobat untuk cancer ke kita,” ujar dia. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menambahkan, saat ini masih dalam perencanaan tentang perlunya memperluas cakupan layanan kesehatan yg lebih merata di Kota Bogor. 

Salah satunya adalah kemungkinan mengajukan bantuan pembangunan RS Type A ke Kementerian Kesehatan di area Bogor Selatan. 

"Rencana ini sejalan dengan pematangan pembangunan jalan akses Bogor Inner-Ring Road (BIRR). Terkait lokasi, usulannya adalah aset Pemkot di eks Pasar Agribisnis Rancamaya," katanya. 

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar