Yamaha

Mengenal Long Covid atau PASC, Profesor Zubairi Jelaskan 5 Gejala Spesifik

  Selasa, 30 Maret 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban baru-baru ini membahas soal Long Covid yang sebutannya sekarang diganti menjadi Post-Acute Sequelae of SARS-CoV-2 (PASC).

Dalam cuitannya di akun Twitter @ProfesorZubairin pada Senin, (29/3/2022) kemarin, Zubairi menjelaskan sebuah studi terkait infeksi PASC.

Dikatakan, satu dari 3 orang dapat terkena infeksi PASC, bahkan infeksi ini juga bisa terjadi bagi para penyintas penyakit Covid-19 yang tidak memiliki gejala (OTG). "PASC adalah suatu penyakit yang ditandai dengan gejala sisa (sequelae) atau kerusakan setelah kesembuhan. Penyakit itu 'menetap' setelah masa sembuh dari infeksi Covid-19," tulisnya.

Zubairi menjelaskan, gejala tersebut dapat dialami dalam jangka panjang oleh para penyintas Covid-19. Gejala Covid-19 biasanya menghilang setelah 2 hingga empat minggu ketika seseorang dinyatakan sembuh.

Akan tetapi, ada sekitar 20% orang yang masih mengalami gejala Covid-19 selama satu bulan bahkan hingga beberapa bulan ke depan.

Dari banyaknya penyintas Covid-19, yang paling tinggi terkena resiko PASC adalah orang lanjut usia (lansia) dengan usia 70 tahun ke atas, sedangkan untuk orang dewasa angkanya jauh dibawahnya.

Zubairi pun menyebutkan ada 5 gejala spesifik yang muncul bagi penyintas Covid-19 yang mengalami PASC. 5 keluhan tersebutlah kemungkinan besar yang akan terus dialami dalam jangka panjang oleh para penyintas Covid-19

"Kerap merasa Fatigue, sakit kepala berat, napas pendek (dispnea), suara serak, dan nyeri otot. Kalau sering sesak, dokter memang akan memberikan inhalasi," ungkapnya.

Akan tetapi, inhalasi tersebut masih tidak cukup jika tidak disertai hidup sehat, berolahraga, makan sayur dan buah. "Anda harus berupaya menghindari debu, rokok, dan asap sampah atau apapun yang memudahkan timbulnya batuk dan sesak," jelasnya.

Selain itu, Zubairi mengingatkan jika semua hal tersebut telah dilakukan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat diberikan tindakan yang tepat untuk melakukan pemulihan. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar