Yamaha

Hari Film Nasional: Jokowi Kenang Sineas Usmar Ismail, Sandiaga Uno Apresiasi Film Pendek TikTok

  Selasa, 30 Maret 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Pada hari ini, Indonesia memperingati Hari Film Nasional. Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyampaikan pesan-pesan mereka untuk Hari Film Nasional 2021.

Dalam cuitan yang diunggah bertepatan dengan peringatan Hari Film Nasional kali ini, Presiden Jokowi mengenang sosok Usmar Ismail, seorang sutradara film kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat

Dikutip dari cuitan Twitter @jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenang tokoh film Indonesia yang lahir tepat pada hari ini seratus tahun yang lalu.

"Hari ini 100 tahun lampau, tokoh film Indonesia Usmar Ismail lahir," tulis Jokowi. Usmar, yang juga berprofesi sebagai wartawan dan sastrawan, menjadi sutradara pada hari ini, 71 tahun yang lalu.

Di Hari Film Nasional ini, Jokowi berharap agar momentum kelahiran film Indonesia menjadi dasar kebangkitan film tanah air.

"Kita mengenang momentum kelahiran film Indonesia itu dan menjadikannya tonggak kebangkitan kembali film-film nasional," tutup Jokowi dalam postingannya.

Sementara itu, Sandiaga Uno menyampaikan harapannya untuk dunia perfilman Indonesia. Ia berharap, pelaku perfilman di Indonesia berani berinovasi, salah satunya dengan menciptakan film berformat vertikal yang bertujuan untuk meningkatkan semangat insan film untuk terus berkarya di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu platform digital video pendek meluncurkan sebuah fitur yang dikhususkan untuk film. Dalam fitur tersebut, penonton dapat menyaksikan film dengan durasi yang pendek dan berformat vertikal.

"Jadi ini solusi baik ya untuk insan perfilman selaku ekonomi kreatif, industri ekonomi digital khususnya film," ujar Sandiaga dalam peluncuran film "X&Y" TikTok secara virtual, Senin (29/3/2021).

Sandi mengatakan, kehadiran berbagai platform digital film itu dinilai sangat membantu penonton yang belum berani untuk datang ke bioskop. 

"Kini pecinta film dapat menyaksikan film di manapun hanya dalam genggaman melalui smartphone," kata Sandi.

"Belum semua bisa punya kepercayaan atau belum semua pede nonton di bioskop, tapi Tiktok bikin gebrakan untuk para penggemar film khususnya film Indonesia di platform khusus," imbuhnya.

Kemenparekraf, ucap dia, akan segera melakukan beberapa terobosan baru untuk menciptakan peluang bagi insan film agar dapat terus berkarya.

Kita lagi mengusahakan beberapa terobosan tapi juga ada peluang untuk mencetak pemenang yang berinovasi agar mereka bisa berkarya," ujarnya.

"Semoga pandemi ini bisa selesai, kita doa yang terbaik. Selamat Hari Film Nasional," lanjutnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar