Yamaha

Tenang, Dharma Jaya Jamin Stok Daging untuk Ramadan dan Idulfitri Aman

  Rabu, 31 Maret 2021   Eries Adlin
Dirut PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman/beritajakarta.id

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- PD Dharma Jaya memastikan stok daging untuk kebutuhan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah masih mencukupi.

Dirut PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman, mengatakan stok daging sapi beku yang sudah disiapkan saat ini mencapai 830 ton dan daging ayam berjumlah 416 ton. Selain itu, masih ada 200 ekor sapi yang siapkan untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Ketersediaan daging sapi dan ayam aman atau cukup. Memang ada beberapa faktor yang sudah sama-sama kita antisipasi, salah satunya kita sudah mengumpulkan asosiasi-asosiasi pedagang daging dan ayam,” ujarnya, Rabu (31 Maret 2021) seperti dilansir beritajakarta.id.

Sebelumnya, Raditya menjelaskan upaya menjaga ketersediaan daging sapi bagi warga Jakarta juga dilakukan dengan mekanisme impor dari Australia dan Selandia Baru dengan kuota 1.500 ton pada periode Maret sampai November 2021. 

“Kami juga bekerja sama dengan daerah penyangga untuk penyediaan sapi seperti sebanyak 2.775 ekor periode Februari sampai Desember 2021,” ujarnya, Selasa (30/3). 

PD Dharma Jaya juga akan mendapat pasokan daging ayam dari berbagai daerah setiap bulan seperti, Banten dan Bogor sebanyak 50 ton; Boyolali, Demak dan Pati sebanyak 100 ton; serta Jombang dan Mojokerto mencapai 50 ton.

“Ada rencana akan masuk lagi dari sumber-sumber kami dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.”

Dia menambahkan PD Dharma Jaya juga berkolaborasi dengan PT Food Station Tjipinang Jaya membuat paket produk pangan khusus Ramadan dan Lebaran dengan harga murah.

“Kami memastikan daging Dharma Jaya bisa diakses oleh seluruh warga Jakarta. Prinsipnya, untuk Lebaran tahun ini ketersediaan daging cukup, kalaupun ada kenaikan tidak terlalu signifikan sehingga bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.”

PROFIL PD DHARMA JAYA

PD Dharma Jaya merupakan Badan Usaha MIlik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak dalam bidang perdagangan dan industri daging. PD Dharma Jaya berdiri sejak tahun 1966 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor: Ib.3/2/17/1966 tanggal 24 Desember 1966 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 Tahun 1971 pada tanggal 2 Agustus 1971.

PD Dharma Jaya bertugas membantu dan menunjang kebijaksanaan umum Pemerintah Daerah dalam rangka ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya produk hewani dan petani ternak.

Seiring waktu, berbekal pengalaman selama puluhan tahun, kini PD Dharma Jaya telah menjelma menjadi pemasok terbesar daging sapi di DKI Jakarta. PD Dharma Jaya telah menjadi pemimpin pasar dalam industri dan perdagangan daging di DKI Jakarta. Kedepan kami mentargetkan dapat menjadi pemasok dan pemimpin pasar di tingkat nasional.

“Kami yakin dengan kemampuan tim yang dimiliki oleh PD Dharma Jaya hal tersebut bukan lagi sekadar mimpi,” tulis laman resmi BUMD itu, dharmajaya.co.id.

PD Dharma Jaya saat ini memiliki unit usaha yang dapat menunjang terlaksananya target tersebut, unit usaha itu sebagai berikut:

Unit Usaha Penggemukan

Unit usaha penggemukan terbagi menjadi 2 sub, yakni pembibitan dan penggemukan. Kami melakukan pembibitan hewan ternak bekerja sama dengan peternak lokal, 100% hewan ternak kami peroleh dari peternakan lokal, dengan harapan membantu peningkatan kesejahteraan petani lokal. Hewan ternak tersebut kemudian digemukan difasilitas kandang kami, hingga hewan tersebut mencapai berat ideal untuk dipotong.

Unit Usaha Rumah Potong Hewan

Saat ini PD Dharma Jaya memiliki beberapa Rumah Potong Hewan, dengan kapasitas 100 ekor per jam. Hal ini tidak mengherankan, sebab Rumah Potong Hewan PD Dharma Jaya telah menggunakan teknologi terkini dalam proses pemotongan hewan.

Rumah Potong Hewan milik PD Dharma Jaya telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, dan senantiasa dalam pengawasan dan bimbingan dari MUI. Secara periodik dan terkadang mendadak, MUI melakukan kunjungan untuk memeriksa proses pemotongan hewan di RPH Dharma Jaya.

Unit Usaha Produksi

Unit Usaha Produksi merupakan bagian kami yang bertugas mencacah dan mengemas daging hewan yang telah dipotong di RPH. Bagian produksi membuat kemasan daging sesuai pesanan para pelanggan. Bagian daging sapi dikemas berdasarkan jenis daging.

Unit Usaha Pemasaran

Unit Usaha Pemasaran merupakan ujung tombak usaha PD Dharma Jaya. Unit ini bertugas menjual hasil produksi PD Dharma Jaya. Unit usaha ini juga yang bertugas memantau stok persediaan dan harga daging di DKI Jakarta. Meski bernama pemasaran, unit usaha ini tidak melulu mencari keuntungan, sebab unit usaha ini juga bertugas mensukseskan beberapa program Pemda DKI, seperti misalnya Program Pangan Murah.

Dalam rangka menunjang semua kegiatan tersebut di atas PD Dharma Jaya perlu mempersiapkan diri dengan sarana penunjang, seperti:

Cold Storage (Ruangan Pendingin)

Saat ini PD Dharma Jaya telah memiliki Cold Storage dengan kapasitas hingga 850 ton. Cold Storage yang kami miliki merupakan mesin pendingan paling canggih, dengan kemampuan membekukan daging hanya dalam hitungan menit. Sehingga kualitas daging tetap terjaga hingga ketangan para pelanggan.

Mobil Pengangkut Daging dengan Pendingin

Memastikan daging tiba tepat waktu dengan kondisi prima, armada pengangkut daging milik PD Dharma Jaya telah memastikan diri menjadi armada paling tangguh. Mobil terawat dengan pendingin yang selalu dalam stamina tangguh.

Tidak ada kata daging yang dikirim oleh PD Dharma Jaya terlambat sampai tujuan. Dan belum pernah terjadi daging tiba dalam kondisi tidak layak. Dengan dukungan suberdaya manusia yang Ahli & Bepengalaman serta Peralatan yang serba Modern, semoga dapat menjaga Eksistensi PD Dharma Jaya dalam usaha Menjaga ketahanan pangan dan kestabilan pasokan dan harga daging di DKI.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar