Yamaha

Libur Panjang Paskah, Kenaikan Penumpang Bus di Terminal Bogor, Depok, Tangerang Naik Hingga 96%

  Senin, 05 April 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi penumpang bus / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat lonjakan jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Tipe A. Kenaikan tersebut terjadi selama libur panjang Paskah memperingati wafat Isa Almasih.  

Terminal Tipe A yang berada di bawah pengelolaan BPTJ meliputi Terminal Tipe A Jatijajar Kota Depok, Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Terminal Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan, dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti menyampaikan bahwa jumlah penumpang rata-rata per hari pada libur panjang naik antara 26-96% dibandingkan rata-rata normal pada bulan lalu.

Tak hanya penumpang, kata Polana, jumlah armada bus yang beroperasi di minggu pertama April 2021 juga naik antara 15-58%. Dia mencontohkan Terminal Porsi Plawad yang biasanya mengangkut 491 orang per hari. 

"Untuk akhir pekan ini, terdapat 782 penumpang setiap hari atau kenaikan sekitar 59%,” kata Polana, Senin (5/4/2021).

Untuk armada bus, kata Polana, jumlahnya di Terminal Poris Plawad naik rata-rata 15%. Sepanjang Maret 2021, rata-rata ada 138 bus beroperasi. Adapun saat ini  mencapai 159 unit yang melayani penumpang. "Wonogiri dan Yogyakarta menjadi tujuan penumpang bus AKAP" katanya.

Sementara kenaikan jumlah penumpang bus AKAP di Terminal Jatijajar Depok naik 96%. Rata-rata sepanjang Maret, terminal ini melayani 371 penumpang.

"Sementara pada akhir pekan ini, rata-rata per hari terdapat penumpang sebanyak 729 orang atau tercatat kenaikan sekitar 96% dengan tujuan utama Yogyakarta dan Pekalongan,” katanya.

Uuntuk bus yang beroperasi,  terdapat kenaikan sekitar 21%. Sepanjang akhir pekan d Maret, rata-rata 86 armada bus yang beroperasi setiap hari di Terminal Jatijajar

"Sementara di akhir pekan bulan April ini rata-rata terdapat 104 bus yang beroperasi setiap hari,” ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar