Yamaha

Asyik, Korban PHK akan Dapat Bantuan dari Pemerintah Selama 6 Bulan lewat Program JKP

  Rabu, 07 April 2021   Eries Adlin

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah menyiapkan bantuan untuk masyarakat lewat program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Melalui kebijakan tersebut, para korban PHK bisa mendapatkan bantuan selama 6 bulan.

Rencana penyaluran bantuan untuk para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) lewat program JKP disampaikan oleh Menaker Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR hari ini, Rabu 7 April 2021.

Dalam bahan presentasinya di Komisi IX, Menteri Ida menyebut para korban PHK dapat menerima bantuan dari pemerintah dalam waktu enam bulan dengan komposisi:

  • Tiga bulan pertama mendapatkan bantuan 45 persen dari upah

  • Tiga bulan selanjutnya mendapatkan bantuan 25% dari upah

Selain bantuan uang tunai tersebut, para korban PHK yang menjadi peserta JKP bisa mendapatkan manfaat lain yaitu akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja.

“Kemudian peserta berhak mendapatkan akses informasi pasar kerja, layanan informasi pasar kerja dan atau bimbingan jabatan, dilakukan oleh pengantar kerja atau petugas antar kerja,” ungkap Menteri Ida.

Namun, untuk bisa merasakan manfaat dari program JKP, para korban PHK harus menunggu Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) yang tengah digodok.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar