Yamaha

5 Cara Hilangkan Lemak Perut Biar Tak Buncit Lagi

  Kamis, 08 April 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Berikut ini beberapa cara menghilangkan lemak di perut yang bisa kamu coba. Perut buncit menjadi pertanda adanya penumpukan lemak di perut.

Timbunan lemak di perut yang dibiarkan terlalu la bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, stroke, serangan jantung, kanker, dan demensia. 

Namun percayalah, menghilangkan lemak di perut lebih sulit daripada menurunkan berat badan. Kamu perlu melakukannya secara rutin dan konsisten untuk mendapat hasil bentuk tubuh yang ideal dengan berkurangnya lemak perut. Bagaimana cara menghilangkan lemak di perut? Simak uraiannya berikut.

1. Mengatur Porsi Makan

Pertama, timbunan lemak di perut bisa dikurangi dengan membatasi asupan kalori. Kamu bisa memulai dengan mengurangi porsi makan setidaknya setengah porsi, namun makan dalam porsi tersebut lebih sering. 

Hal yang perlu diingat, jangan lewatkan sarapan untuk mengontrol nafsu makan di siang hari. Jika pada malam hari kamu merasa lapar, perbanyaklah minum air putih dan makanan rendah kalori.

2. Perbanyak Asupan Protein

Protein menjadi salah satu sumber gizi yang berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Makanan dengan kandungan protein juga membuat kenyang lebih lama. Dengan catatan, pilihlah makanan dengan protein rendah lemak. Mulai dari buah-buahan, putih telur, dan susu. 

3. Rutin Olahraga

Olahraga menjadi kegiatan rutin yang tidak boleh dilewatkan saat menjalani program diet dan menghilangkan lemak perut. Disiplin olahraga setiap hari setidaknya selama 30;menit atau 3-5 kali dalam seminggu. 

Kamu bisa memulai olahraga seperti jalan kaki, jogging, zumba, senam aerobik, yoga, pilates, renang, dan latihan kardio. Bisa juga mencoba latihan atau gerakan mengecilkan perut, seperti sit up, plank, dan side plank.

4. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Lemak perit bisa dihilangkan dengan rutin mengonsumsi air putih secukupnya. Dengan minum air putih yang cukup, kamu akan merasa kenyang dan metabolisme tubuh lebih lancar. Dengan begitu, dapat membantu menekan porsi makan dan membantu kelancaran program diet.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup menjadi satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Kurang tidur dapat menyebabkan rasa mudah lapar hingga berujung obesitas. Pola tidur yang cukup efektif membantumu mengurangi kadar lemak pada perut. Atur pola tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam setiap malam sekaligus untuk relaksasi dari stres. 

Jika kamu merasa sulit menghilangkan lemak di perut dan sulit mendapat berat badan ideal, coba konsultasi ke dokter gizi. Dapatkan pola diet dan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Demikian beberapa cara menghilangkan lemak di perut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar