Yamaha

Cerita Reza Rahadian Masuk Islam: Hasil ‘Berdialog’ dengan Tuhan

  Sabtu, 10 April 2021   Eries Adlin
Cerita Reza Rahadian Masuk Islam: Hasil ‘Berdialog’ dengan Tuhan (ilusstrasi)/Ayojakarta/istihanah soejoethi

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Reza Rahadian bercerita banyak tentang bagaimana dia akhirnya memutuskan untuk masuk Islam.

Kisah proses dan keputusannya masuk Islam itu diceritakan Reza Rahadian dalam program Daniel Tetangga Kamu yang diunggah pada Kamis (8 April 2021) di kanal YouTube Daniel Mananta Network.

Meski Reza Rahadian pindah agama dari Kristen ke Islam, keluarga Reza Rahadian tetap bertoleransi. Bahkan tempat Reza Rahadian salat dipakai oleh mamanya berdoa secara Kristen.

Setelah menjadi mualaf sampai saat ini pun ia menjadi satu-satunya Muslim di keluarganya lantaran ibu dan adiknya tetap memeluk Kristen.

Perbedaan agama di keluarga Reza Rahadian tak menimbulkan perselisihan. Mereka tetap hidup berdampingan dengan damai dan bahagia pada agama masing-masing.

“Nyokap gua Natalan, ah itu gua paling seneng karena itu momen gua untuk mendekorasi pohon Natal,” tutur Reza Rahadian, seperti dilansir suara.com, jejaring Ayojakarta

“Aku membiarkan mamaku merayakan Natal, Paskah, kebaktian di rumah. Di tempat gua salat, di situ nyokap gua juga bisa berdoa pada Tuhan Yesus dengan caranya dia,” lanjutnya.

Reza Rahadian dibesarkan orangtua tunggal bersama adiknya sebagai penganut agama Kristen.

Sedari kecil, Reza Rahadian menjalani hidup dengan aktivitas rohani sebagai Nasrani. Bahkan, rupanya ia sudah mengenal mendiang penyanyi Glenn Fredly di gereja.

"Aku jarang ngomongin soal agama. Dan transisi gua bukan karena alasan apa pun selain dari keyakinan yang memang gua rasa itu dialog gua dengan Tuhan," kata dia.

"Dibesarkan sebagai Nasrani. Gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gue di gereja waktu itu," kenang dia.

Nilai-nilai ajaran agama Kristen pun sudah tertanam dalam dirinya sejak kecil, hingga semasa SMP pun dia belajar di sekolah Kristen.

"Tapi begitu gua meyakini keyakinan yang memang, kok panggilan gua ke sana, dan gua yakini, gua bersyukur itu bukan karena alasan apa pun," ungkap Reza Rahadian.

Tak ada alasan tertentu yang mendorongnya beralih keyakinan, baik itu pekerjaan, pasangan, atau paksaan dari orang-orang terdekat.

“Itu adalah komunikasi gua dengan Yang di Atas dan komunikasi gua dengan nyokap gua,” terang pria 34 tahun itu.

Saat Reza Rahadian menyampaikan niat pindah agama pun, dia tak menyangka, sang ibu sudah mengetahuinya terlebih dulu.

Meski begitu, ia tak dilarang untuk meninggalkan agama yang diajarkan ibunya pada Reza Rahadian sejak kecil.

“Ma, kayaknya Kakak punya... Nyokap gue, belum selesai gue ngomong, you know what (kamu tahu)?... Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesan Mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik. That's it (cuma itu),” ungkap Reza Rahadian.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar