Yamaha

Pemerintah Buka 1 Juta Lebih Formasi CPNS 2021, Wajib Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

  Rabu, 14 April 2021   Aini Tartinia
ilustrasi (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkan bahwa seleksi CPNS 2021 bakal dibuka Mei 2021 mendatang.

Seleksi CPNS 2021 ini termasuk dengan seleksi PPPK yang mayoritasnya adalah diisi dengan jabatan guru. Diketahui, seleksi CPNS 2021 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana panitia seleksi akan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Sebagaimana dilansir Ayojakarta dari channel YouTube Kemenpan RB pada Rabu 14 April 2021, pemerintah rencananya bakal mengadakan seleksi CPNS 2021 untuk 1.275.387 formasi.

Dikarenakan peminat CPNS ini cukup banyak, maka kamu perlu memperhatikan hal-hal penting agar bisa lulus seleksi. Berikut 5 hal penting untuk menghadapi seleksi CPNS 2021 yang dikutip dari BKN:

1. Satu portal pendaftaran

Seleksi CPNS 2021 ini pemerintah akan menggunakan satu portal pendaftaran untuk 3 kategori rekrutmen, yaitu CPNS, sekolah kedinasan, dan PPPK.

2. Tidak perlu mengunggah dokumen

Peserta seleksi CPNS 2021 tidak perlu mengunggah dokumen seperti seleksi tahun sebelumnya. Data dari SSCASN akan langsung terintegrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) di Dukcapil, data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), data STR di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga akses data ijazah di Kementerian Ristekdikti.

Oleh karena itu, pastikan NIK kamu terdaftar di Dukcapil. Nik ini juga nantinya bakal diperlukan untuk kebutuhan administrasi lainnya saat seleksi CPNS 2021.

3. Tidak perlu membuka masing-masing portal instansi

Untuk mengetahui formasi yang dibuka pada seleksi CPNS sebelumnya, peserta harus membuka satu per satu instansi dan atau kementerian guna mengetahui informasi yang dibuka.

Namun, seleksi CPNS 2021 ini memudahkan peserta untuk mendapat informasi tersebut melalui portal SSCASN.

4. Fitur pemindai wajah

Fitur pemindaian wajah ini digunakan untuk mencegah adanya calo di seleksi CPNS 2021. Fitur pemindai wajah ini baru ditambahkan pada seleksi tahun ini.

5. Hasil tes CPNS 2021 dapat dipantau dari mana saja

Karena masih mengalami kondisi pandemi Covid-19, panitia seleksi memudahkan peserta untuk mengakses hasil ujian secara langsung melalui channel YouTube BKN.

Hal tersebut bertujuan agar peserta tidak berkerumun di lokasi ujian. Kabar baiknya, peserta yang terpapar Covid-19 akan diberikan sarana ujian khusus hingga tetap berkesempatan mengikuti seleksi CPNS 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar