Yamaha

Segera Lakukan Diet Kalau Kamu Alami 5 Tanda Ini

  Selasa, 20 April 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi diet / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Bertambahnya berat badan seiring dengan berjalannya waktu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jika kamu merasa baju yang kamu pakai menjadi lebih sesak dari sebelumnya, bisa jadi kamu harus segera menurunkan berat badan.

Selain baju yang sesak, terdapat lima hal lainnya yang menandakan bahwa kamu harus segera melakukan diet. Apa saja? Cari tahu di artikel ini yuk!

1. BMI (Body Mass Index) Melebihi Angka 24,9

Angka ini menunjukkan kategori berat badan seseorang sudah proporsional atau belum. Situs alodokter melansir, BMI normal atau ideal menunjukkan angka 18,5-24,9. Jika BMImu menyentuh angka 25-29,9, maka kamu masuk ke dalam kategori kelebihan berat badan. Kamu perlu waspada jika BMImu di atas atau sama dengan 30, sebab kamu sudah menderita obesitas.

Kamu bisa melakukan perhitungan BMI dengan mudah melalui kalkulator BMI yang disediakan oleh berbagai situs online ataupun aplikasi.

2. Merasa Cepat Lelah

Saat kamu memiliki berat badan berlebih, maka tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan juga semakin bertambah dan kebutuhan oksigen pada jaringan tubuh pun akan meningkat. Hal itu akan menyebabkan organ tubuh seperti jantung, paru-paru, dan otot akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Jika kamu merasa badanmu sudah mulai berat dan kamu menjadi cepat lelah, bisa jadi itu tanda yang diberikan tubuhmu agar kamu segera melakukan diet.

3. Tekanan Darah Tinggi

Sistem peredaran darah atau kardiovaskular akan bekerja lebih ekstra untuk mengatur jalannnya pertukaran oksigen dalam tubuh saat kamu memiliki berat badan yang berlebih. Hal itu menyebabkan tekanan darahmu menjadi tinggi. Tidak hanya itu, tekanan darah tinggi juga dapat mengakibatkan terganggunya sirkulasi dan juga pernafasan dalam tubuh.

4. Mengalami Nyeri Sendi

Kondisi tubuh dengan berat badan berlebih akan menyebabkan bantalan tulang pada sendi mulai menipis, sehingga sendi mudah mengalami nyeri saat sedang beraktivitas. Tentunya kamu tidak ingin kan merasa kesakitan di bagian otot sendi? Oleh sebab itu, diet dan melakukan olahraga secara teratur akan membantu kamu dalam mengobati permasalahan nyeri sendi yang kamu alami akibat kelebihan berat badan.

5. Mendengkur dengan Keras

Apakah belakangan ini kamu mendengkur dengan keras saat tidur? Jika iya, bisa jadi itu tanda bahwa kamu kelebihan berat badan. Pasalnya, tumpukan lemak di leher dapat menyebabkan pernafasan menjadi pendek dan tersendat. Akibatnya, jalur pernafasan pun menjadi terganggu. Terganggunya jalur pernapasan yang disebabkan oleh lemak tersebut akan membuat orang yang mengalami kelebihan berat badan kerap kali mendengkur dengan keras saat tidur.

Jika kamu merasa badanmu mulai sesak dan mengalami tanda-tanda di atas, segera lakukan diet untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, berat badan berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Tidak hanya pada penampilan saja, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan penyakit mematikan lainnya.

Jadi, ubah gaya hidupmu mulai dari sekarang ya!

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar