Yamaha

Ikuti 11 Langkah Ini Untuk Dapatkan BLT UMKM Rp1,2 Juta Lewat OSS

  Selasa, 20 April 2021   Aini Tartinia
ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu, tak sedikit masyarakat yang terdampak.

Imbas pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung dirasakan oleh semua sektor usaha, khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Untuk membantu para pelaku UMKM agar usahanya tetap berjalan lancar, pemerintah melalui Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan produktif usaha mikro (BPUM) UMKM 2021.

BLT atau BPUM tersebut dapat digunakan oleh pelaku UMKM sebagai modal usaha yang tengah dijalani saat ini. Besaran dana yang diterima oleh setiap penerima yaitu sebesar Rp1,2 juta yang di mana nominal tersebut turun dari tahun sebelumnya, yaitu Rp2,4 juta.

Bagi para pelaku UMKM yang belum mendaftar dan menerima BLT atau BPUM ini, para pelaku usaha masih bisa untuk mendaftarkan usahanya agar mendapatkan bantuan ini.

Para pelaku usaha UMKM dapat mendaftar melalui website Online Single Submission (OSS). Lewat webstite tersebut, para pelaku UMKM dapat membuat nomor induk berusaha (NIB) dan izin usaha mikro kecil (IUMK) secara online.

Untuk mendapatkan NIB dan IUMK, para pelaku UMKM arus membuat akun lewat website OSS terlebih dahulu, berikut adalah caranya:

1. Membuka website dengan alamat oss.go.id/potal/

2. Pilih Daftar/Masuk pada jajaran atas berwarna hijau.

3. Halaman akan berpindah pada bagian "Form Login", lalu pilih Daftar.

4. Pada halaman pendaftaran, peserta dapat mengisi kolom yang harus diisi. Di antaranya adalah:
- Jenis identitas
- Nomor Induk Kependudukan (NIK)
- Tanggal Lahir
- Nomor Telepon Selular
- Alamat E-mail
- Kode Captha yang muncul pada halaman.

5. Jika telah selesai mendaftar, tandai kolom "saya mengerti dan menerima syarat dan ketentuan penggunaan sistem OSS."

6. Selanjutnya tekan tombol submit.

7. Jika telah selesai, selanjutnya buka email yang telah didaftarkan lalu buka pesan terbaru yang didapatkan dari OSS.

8. Dalam email tersebut akan muncul nama user serta jenis identitas yang didaftarkan, jika sudah benar lalu tekan "aktivasi" yang berwarna biru.

9. Setelah berpindah halaman, kembali ke email dan akan muncul email baru yang berisi username dan password serta nomor identitas.

10. Kembali ke halaman daftar/masuk pada website OSS lalu masukan username dan password yang telah didapatkan dari email terakhir dan tambahkan kode captha yang muncul di halaman OSS.

11. Selesai, selanjutnya dapat membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) dengan akun tersebut. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar