Yamaha

Ingin Tanaman Hias Terlihat Bagus dan Terawat? Ikuti 5 Langkah Ini!

  Selasa, 20 April 2021   Yogi Faisal
Chief Executive Officer (CEO) Minaqu Home Nature Kota Bogor Ade Wardhana

BOGOR SELATAN, AYOBOGOR - Sebagian besar pecinta tanaman hias, mungkin sudah mengetahui bagaimana caranya merawat dan memperlakukan tanaman agar tetap cantik dan tumbuh dengan baik.

Namun bagi mereka yang awam dan masih baru di dunia tanaman hias, hal tersebut tentunya sukar untuk dilakukan. Tak jarang mereka yang tak tahu, hanya melakukan apa yang sekiranya perlu dilakukan.

Namun tahukah anda, dalam merawat tanaman hias tentunya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Mulai dari teknik penyiraman hingga teknik pencahayaan matahari.

Chief Executive Officer (CEO) Minaqu Home Nature Kota Bogor Ade Wardhana mengatakan, untuk menjaga kualitas dan pertumbuhan tanaman agar tetap baik, setidaknya pemilik harus memperhatikan lima hal dalam merawat tanaman.

1. Tekni penyiraman

Teknik penyiraman merupakan salah satu faktor penting yang mesti diperhatikan. Sebab, asupan air yang cukup dengan cara yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap tanaman.

"Nyawa tanaman itu ada pada akar. Kalau penyiraman terlalu banyak berpotensi akan membuat akar tanaman menjadi busuk," katanya kepada ayobogor.com Selasa 20 April 2021.

2. Perhatikan kualitas media tanam

Untuk mencapai kualitas tanaman hias yang maksimal, pemilik tanaman hias seyogyanya harus memperhatikan media tanamnya. Sebab, pada media tanam adalah tempat nyawa tanaman hias. 

"Ini harus diperhatikan baik dari segi kualitas, maupun tingkat kelembapannya. Karena saat media tanam lembab dan kering akan berpengaruh terhadap tanaman," ucapnya.

3. Pemberian pestisida atau fungisida secara rutin

Pemberian pestisida atau fungisida kepada tanaman hias tentu menjadi hal yang sangat penting. Hal tersebut guna meningkatkan kualitas dan menghidari tanaman dari gangguan hama penyakit.

"Pemberiannya mesti dilakukan secara rutin, teratur. Dan yang paling penting sesuaikan dengan jenis tanaman hiasnya," ujarnya.

4. Pemupukan

Pemupukan juga penting kiranya untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar demi meningkatkan kualitas media tanam dan memaksimalkan pertumbuhan tanaman hias.

5. Pencahayaan matahari

Selain empat hal di atas, teknik pencahayaan atau memberikan sinar matahari kepada tanaman juga mesti diperhatikan. Sebab pencahayaan matahari berkaitan dengan kegiatan foto sintetis tanaman. "Ini juga harus diperhatikan, karena setiap tanaman kebutuhan pencahayaannya terkadang berbeda," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar