Yamaha

Turunkan Berat Badan 8 Kg dengan Diet Sebulan, Apa Bisa? Bisa!

  Jumat, 23 April 2021   Eries Adlin
Turun Berat Badan 8 Kg dengan Diet Sebulan, Apa Bisa? Bisa! (ilustrasi)/pixabay

TEBET, AYOJAKARTA -- Di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini, mungkin banyak orang yang bermasalah dengan berat badan. Pasalnya, banyak orang jarang melakukan aktivitas di luar rumah, hingga akhirnya berat badan pun melonjak naik.

Namun, jangan khawatir, menurut seorang spesialis gizi, Dr Cut Hafiah menurunkan berat badan 8 kg dalam waktu sebulan bukan hal mustahil. Syaratnya, semua dijalankan dengan disiplin.

“Kalau berdasarkan literatur, penurunan berat badan yang sehat adalah 4-8 kg per bulan. Tapi kalau pasiennya patuh dan niat untuk diet, biasanya dia bisa turun 2 kg dalam waktu satu minggu. Jadi, kurang lebih dalam waktu satu bulan, 8 kg bisa tercapai,” ujar Cut Hafiah seperti dilansir suara.com.

Untuk mendapatkan berat badan yang diidamkan, salah satu kuncinya, menurut Cut Hafiah, adalah disipilin. Selain itu, bulatkan tekad, dan tanam di pikiran bahwa diet adalah sebuah tugas yang menyenangkan, bukan menyiksa.

“Diet adalah sesuatu yang menyenangkan, diet sehat. Kita bantu juga dengan teknik estetika yang lain, sama obat-obatan juga, semangat juga untuk turun berat badannya,” lanjut dia.

Setelah itu, kita perlu melakukan analisa dari berbagai sudut. Misalnya, soal riwayat penyakit, serta kebiasaan makan.

"Analisis asupan kebiasaan makannya. kebiasaan makannya apakah snacking-nya berlebihan atau dari segi makan utamanya, dianalisis dari segi gizinya. Lalu diperbaiki di situ," ujarnya.

Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan siapa saja, termasuk di rumah tanpa perlu konsultasi ke ahli gizi. Lalu, bagaimana cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi badan?

BERAT BADAN IDEAL

Sementara itu, dokter spesialis gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono Sp.GK memberikan rumus sederhana untuk menghitung berat badan.

Berat badan normal: TB-100

Berat badan ideal: (TB-100)x 90%

Sederhananya jika tinggi badan Anda 165 cm, maka penghitungan berat badan sebagai berikut:

Berat badan normal: 165-100 = 65 kg

Berat badan ideal: (165-100)x 90% = 58,5 kg

Selain berat badan, Anda juga wajib mengetahui indeks massa tubuh atau body mass index (BMI). Bagaimana cara menghitungnya?

Menghitung indeks massa tubuh (BMI)= berat badan (kg) : tinggi badan (m)

Sehingga jika berat badan Anda 80 kg dengan tinggi badan 165 cm (1,65 m) maka IMT Anda adalah 29,3.

Setelah itu, cek golongan BMI Anda melalui tabel di bawah ini:

BMI kurang= <18>

BMI normal= 18,5 - 24,9

BMI berlebih= 25 - 29,9

Obesitas= 30

BMI 29,3 tergolong ke dalam kelompok BMI berlebih. Untuk itu, Anda wajib menurunkan berat badan agar bisa mencapai BMI normal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar