Yamaha

Soal Usulan Santri Boleh Mudik Lebaran, Pengamat: Cabut Semua Aturan Mudik!

  Selasa, 27 April 2021   Yogi Faisal
Kondisi terkini Terminal Baranangsiang Kota Bogor (Yogi Faisal)

TANAHSAREAL, AYOJAKARTA - Permohonan pengajuan keringanan mudik lebaran untuk santri, menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sebab, pemberian pengecualian larangan mudik untuk santri dinilai bakal berpotensi menjadi bumerang bagi pemerintah.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, jika pemerintah terlalu banyak memberikan dispensasi dan pengecualian dalam kebijakan larangan mudik lebaran, hal tersebut dapat memicu buruknya citra pemerintah dalam menerapkan kebijakan.

"Banyak pihak sudah sepakat, sampai-sampai pengusaha bus yang terdampak besar mau mentaati aturan larangan mudik lebaran ini. Sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa untuk pengecualian santri bisa mudik, nanti kesannya pemerintah tidak serius untuk mengurangi penyebaran covid 19 di saat mudik," katanya kepada ayobogor.com Selasa 27 April 2021.

Djoko juga meminta kepada pemerintah agar tidak terlalu mudah memberikan pengecualian, dalam kebijakan larangan mudik lebaran. Hal tersebut tentunya akan memicu permohonan pengecualian lainnya, dari sejumlah pemangku kebijakan.

"Bayangkan saja jika nanti Ketua MPR, Ketua DPR serta para ketua partai minta dispensasi pengecualian mudik lebaran, apa gunanya aturan yang sudah dibuat susah-susah . Cabut saja semua aturan mudik yang sudah dibuat, karena nanti terlalu banyak dispensasi yang diminta," tegasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai akademisi pada program studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata itu menilai, kebijakan mudik lebaran juga harus bersifat menyeluruh, alias berlaku untuk semuanya tanpa terkecuali. "Peraturan ini sifatnya harus mencakup semua dan jangan ada pengecualian," ujarnya.

Djoko juga meminta, agar pemerintah melakukan evaluasi secara detail dan menyeluruh, terkait pelaksanaan larangan mudik lebaran dari tahun kemarin.

Keputusan pelarangan mudik sebenarnya empirik based on data. Setiap liburan panjang usai, angka penularan covid-19 pasti meningkat signifikan. Maka dari itu, ia meminta agar pemerintah benar-benar serius dalam menjalankan aturan dan kebijakan yang sudah dibuatnya.

"Rencana operasi di lapangan harus diperbaiki, tidak seperti tahun lalu, di mana petugas hanya mampu menghalau kendaraan roda empat ke atas. Sementara sepeda motor dapat melengang sampai tujuan, karena banyak jalan pilihan yang dapat dilalui," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar